Minggu, 21 Jul 2019

Akasia dari Pulau Punjung Layak Ekspor

Oleh: marsot
Kamis, 28 Mar 2019 04:13
BAGIKAN:
istimewa.
Kayu.
PULAU PUNJUNG (EKSPOSnews): PT Bukit Raya Mudisha (BRM) yang bergerak di sektor perkebunan akasia di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat memastikan industri yang ada di konsesi perusahaan tersebut layak ekspor.

"Kita terus berusaha menyesuaikan dengan standar layak ekspor, salah satunya dengan memperhatikan aspek lingkungan dan sosial," kata Manejer PT BRM Eka Restu di Pulau Punjung, Rabu 27 Maret 2019.

Ia mengatakan sebelumnya pihaknya telah melakukan konsultasi publik bersama konsultan independen di bidang lingkungan ATA Marie pada Selasa (26/3).

Konsultasi publik tersebut membahas dua topik utama di antaranya topik High Conservation Value (HCV) atau nilai konservasi tinggi, dan High Carbon Stock (HCS) atau stok karbon tinggi yang berada di konsesi PT BRM.

Ia menjelaskan HCV dan HCS merupakan standar internasional lingkungan yang terbaru untuk diterapkan perusahaan bidang perkebunan.

Dengan telah melaksanakan HCV dan HCS berarti suatu perusahaan dinilai telah beroperasi dengan memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan dan sosial.

"Sebagai perusahaan baru yang bergerak di bidang akasia yang hasilnya akan diekspor, kami berusaha seluruh produksi ekspor dengan memperhatikan standar lingkungan yang ditetapkan," katanya.

Sementara itu Direktur ATA Marie Alex mengatakan pertemuan dengan PT BRM merupakan tahap awal dalam membahas isu lingkungan.

Ia menambahkan akan ada pengecekan lapangan bersama tim dan instansi terkait untuk melihat areal konsesi PT BRM selama beberapa minggu ke depan.

"Nanti akan dilihat apakah hasilnya sudah sesuai dengan persyaratan HCS dan HCV," katanya. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Papua Barat Akan Ekspor Langsung Kayu Merbau

    MANOKWARI (EKSPOSnews): Provinsi Papua Barat mulai tahun 2020 akan melaksanakan kegiatan pengiriman secara langsung kayu merbau ke sejumlah negara di wilayah Asia dan Eropa.Kepala Dinas Kehutanan Prov

  • 4 bulan lalu

    Menggenjot Ekspor Kopi dari Aceh Tengah

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan sehingga kegiatan ekspor langsung dilakukan di daerah sendiri bukan lagi melalui provinsi tetangga.

  • 4 bulan lalu

    Indonesia Pangkas Ekspor Karet

    JAKARTA (EKSPOSnews): Indonesia mulai mengurangi ekspor karet alam sebesar 98.160 ton secara bertahap per 1 April 2019 sebagai upaya memperbaiki harga komoditas tersebut, yang masih berada di level re

  • 5 bulan lalu

    Sumut Pengekspor Sarang Burung Walet Terbesar di Indonesia

    MEDAN (KICAU): Sumatera Utara masih tercatat sebagai pengekspor sarang burung walet terbesar di Indonesia dengan negara tujuan utama ke Republik Rakyat Tiongkok."Masih berlangsungnya ekspor sarang bur

  • 5 bulan lalu

    Kubis Berastagi Dieksor ke Sejumlah Negara Asia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kementerian Pertanian melepas ekspor sebanyak 25 ton kubis asal Berastagi, Sumatera Utara, ke sejumlah negara Asia yakni Malaysia, Jepang, Singapura dan Korea Selatan serta ke Ta

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99