Selasa, 22 Mei 2018

Agam Akan Kembangkan Kacang Kedele

Oleh: Marsot
Kamis, 17 Agu 2017 11:27
BAGIKAN:
istimewa
Kacang Kedele.
LUBUKBASUNG (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Agam, mendapatkan penawaran dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk budidaya komoditas kedelai seluas 2.000 hektare, guna mendukung program swasembada pangan di provinsi itu.

"Jumlah ini bertambah dari tahun sebelumnya yang hanya 1.000 hektare," kata Kepala Dinas Pertanian setempat, Afdhal di Lubukbasung, Kamis 17 Augustus 2017.

Ia menjelaskan Dinas Pertanian Agam saat ini sedang menjajaki lahan di kecamatan yang cocok untuk budidaya kedelai, dan rencana ini sudah disampaikan kepada unit pelaksana teknis pertanian yang ada di 16 kecamatan.

Namun baru Kecamatan Tanjungraya yang menanggapi surat edaran dan menyatakan ada lahan sekitar 67 hektare yang bisa ditanam kedelai di daerah itu.

Sedangkan 15 kecamatan lainnya belum menanggapi, semoga cepat ada informasi sehingga jelas berapa total lahan yang tersedia bisa digarap untuk program ini.

"Kita masih menunggu data dari 15 kecamatan tersebut, jika tidak ada usulan maka budidaya kedelai tetap dimulai pada lahan yang telah tersedia," katanya.

Diakuinya Kabupaten Agam bukan merupakan sentra budidaya kedelai sehingga petani belum banyak yang tertarik dengan komoditas hortikultura yang satu itu.

"Petani selama ini lebih cenderung menanam padi, jagung dan sayur-mayur ketimbang kedelai," katanya.

Anggota DPRD Agam, Jondra Marjaya mendorong dinas terkait melakukan terobosan dengan cara membuat lokasi percontohan dalam budidaya kedelai itu.

Apabila sudah panen dengan hasil cukup baik, maka petani akan tertarik dan menyontoh sehingga tawaran seluas 2.000 hektare dari provinsi dapat tercapai nantinya.

"Ini harus dilakukan agar pengembangan kedelai bisa terlaksana dengan baik. Apalagi permintaan pasar terhadap komoditi itu cukup tinggi," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 15 jam lalu

    Kagama Sumut Launching Kongsi

    MEDAN (EKSPOSnews): Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Sumatera Utara (Kagama Sumut), meluncurkan aplikasi kegiatan sosial pertama d

  • 2 minggu lalu

    Isu Agama Tak Laku di Malaysia

    KUALA LUMPUR (EKSPOSnews): Pakatan Harapan merupakan gerakan perubahan bersejarah di Malaysia karena kemenangan koalisi pimpinan Tun Mahathir Mohammad adalah sebuah perjuangan panjang."Perjuangan ters

  • 2 bulan lalu

    Debat English Ala Kagama

    MEDAN (EKSPOSnews): Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) Sumatera Utara berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar English Debate Competition pada

  • 2 bulan lalu

    Penganiayaan Tokoh Agama Kriminal?

    SEMARANG (EKSPOSnews): Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Triatmadja menyebutkan penganiayaan terhadap mantan Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Ahmad Zaenuri

  • 3 bulan lalu

    Kapolda Sumut Silaturahim dengan Sejumlah Tokoh

    MEDAN (EKSPOSnews): Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpau akan melaksanakan silaturahim dengan forum komunikasi pemerintah daerah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, dalam upaya menyukseska

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99