Kamis, 22 Feb 2018

Agam Akan Kembangkan Kacang Kedele

Oleh: Marsot
Kamis, 17 Agu 2017 11:27
BAGIKAN:
istimewa
Kacang Kedele.
LUBUKBASUNG (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Agam, mendapatkan penawaran dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk budidaya komoditas kedelai seluas 2.000 hektare, guna mendukung program swasembada pangan di provinsi itu.

"Jumlah ini bertambah dari tahun sebelumnya yang hanya 1.000 hektare," kata Kepala Dinas Pertanian setempat, Afdhal di Lubukbasung, Kamis 17 Augustus 2017.

Ia menjelaskan Dinas Pertanian Agam saat ini sedang menjajaki lahan di kecamatan yang cocok untuk budidaya kedelai, dan rencana ini sudah disampaikan kepada unit pelaksana teknis pertanian yang ada di 16 kecamatan.

Namun baru Kecamatan Tanjungraya yang menanggapi surat edaran dan menyatakan ada lahan sekitar 67 hektare yang bisa ditanam kedelai di daerah itu.

Sedangkan 15 kecamatan lainnya belum menanggapi, semoga cepat ada informasi sehingga jelas berapa total lahan yang tersedia bisa digarap untuk program ini.

"Kita masih menunggu data dari 15 kecamatan tersebut, jika tidak ada usulan maka budidaya kedelai tetap dimulai pada lahan yang telah tersedia," katanya.

Diakuinya Kabupaten Agam bukan merupakan sentra budidaya kedelai sehingga petani belum banyak yang tertarik dengan komoditas hortikultura yang satu itu.

"Petani selama ini lebih cenderung menanam padi, jagung dan sayur-mayur ketimbang kedelai," katanya.

Anggota DPRD Agam, Jondra Marjaya mendorong dinas terkait melakukan terobosan dengan cara membuat lokasi percontohan dalam budidaya kedelai itu.

Apabila sudah panen dengan hasil cukup baik, maka petani akan tertarik dan menyontoh sehingga tawaran seluas 2.000 hektare dari provinsi dapat tercapai nantinya.

"Ini harus dilakukan agar pengembangan kedelai bisa terlaksana dengan baik. Apalagi permintaan pasar terhadap komoditi itu cukup tinggi," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Membangun Rumah Nelayan di Agam

    LUBUKBASUNG (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Agam, Sumbar, mengajukan pembangunan 100 rumah nelayan di Kecamatan Tanjungmutiara ke Kementerian Pekerjaam Umum dan Perumahan Rakyat pada 2017 yang pemb

  • 2 bulan lalu

    Jangan Tonjolkan Sentimen Agama

    JAKARTA (EKSPOSnews): Akademisi Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Muzakir Tawil mengatakan sentimen agama hendaknya tidak ditonjolkan dalam ruang publik termasuk dalam politik di negara maj

  • 3 bulan lalu

    Ajak Tokoh Agama dan Masyarakat Saling Bersinergi

    Tak hanya memupuk sinergitas antar sesama prajurit, Mayjen TNI Arif Rahman jugan mengajak seluruh tokoh agama dan masyarakat di Kabupaten Madiun untuk saling bersinergi dalam menjaga kondusifitas wila

  • 6 bulan lalu

    Kasus Rohingya Bukan Masalah Agama

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj menegaskan bahwa kasus Rohingya di negara bagian Rakhine, Myanmar, bukanlah konflik agama."Kita harus menyikapi s

  • 6 bulan lalu

    Pemkab Agam Usulkan Pembangunan Rumah untuk Nelayan

    LUBUKBASUNG (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengusulkan pembangunan 50 unit rumah bagi nelayan di Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, kepada Kementerian Pekerjaan Umum da

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99