Selasa, 23 Jul 2019

Aceh Tengah Genjot Produksi Kopi

Oleh: Jallus
Minggu, 18 Nov 2018 04:32
BAGIKAN:
istimewa.
Kopi Gayo, Aceh Tengah.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pertanian daerah setempat menargetkan produksi komoditas kopi di kawasan tersebut mencapai 800 kilogram per hektare pada 2018.

"Kai tergetkan produksi kopi pada tahun ini meningkat dari 774 kilogram per hektare pada tahun 2017 menjadi 800 kilogram per hektare tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, Juanda di Takengon, Sabtu 17 November 2018.

Ia menjelaskan pihaknya terus berupaya agar produktivitas kopi arabica di Dataran Tinggi Gayo tersebut mengalami peningkatan setiap tahunnya, sehingga program meningkatkan kesejateraan petani dapat terwujud di masa mendatang.

Ada pun langkah-langkah yang terus dilakukan dalam mendongkrak produktivitas tersebut diantaranya peremajaan, rehabilitasi, pemangkasan dan perawatan yang baik guna memperoleh hasil maksimal.

Ia menyebutkan Kabupaten Aceh Tengah miliki lahan kopi seluas 46 ribu hektare, yang terdiri dari lima ribu hektare tanaman tua dan 41 ribu hektare lainnya merupakan tanaman produktif.

Juanda menambahkan salah satu program yang sedang digalakkan untuk peningkatan produktivitas hasil pertanian milik petani di daerah berhawa dingin tersebut adalah dengan membentuk tim brigade pemangkasan kopi tingkat kecamatan guna meningkatkan produksi kopi arabica di daerah setempat.

"Brigade pemangkasan kopi yang awalnya digagas pada bulan enam di Kecamatan Bies, kini sudah berjumlah enam kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tengah," kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah, Juanda di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan pemangkasan tanaman kopi memiliki peranan penting untuk meningkatkan produktivitas dan menjadikan tanaman tersebut tumbuh subur dan produktif.

"Pemangkasan ini juga bagian untuk membantu pencegahan hama penyakit yang dapat menyerang tanaman kopi," katanya.

Ada pun kecamatan yang telah terbentuk brigade pemangkas tanaman kopi itu masing-masing Kecamatan Bies, Atu Lintang, Jagong Jeget, Kute Panang, Pegasing, Bintang.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Aroma Kopi Indonesia di Jerman

    JAKARTA (EKSPOSnews): Booth kopi Indonesia kembali menjadi magnet di ajang pameran kopi internasional “specialty coffee internasional, World of Coffee 2019 Berlin, Jerman, yang berlangsung dari tang

  • 2 bulan lalu

    Pelepasan Sebagian Kawasan Hutan di Aceh Tengah Mendesak

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan upaya pelepasan sebagian kawasan hutan di daerah itu sebagai kebutuhan mendesak, karena di dalamnya terdapat rumah penduduk, lah

  • 3 bulan lalu

    Ibu Hamil Bisa Minum Kopi

    PURWOKERTO (EKSPOSnews): Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RSUD Margono Soekarjo Purwokerto Setya Dian Kartika mengatakan ibu hamil diperbolehkan minum kopi asal tidak berlebihan atau masi

  • 4 bulan lalu

    Menggenjot Ekspor Kopi dari Aceh Tengah

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan sehingga kegiatan ekspor langsung dilakukan di daerah sendiri bukan lagi melalui provinsi tetangga.

  • 5 bulan lalu

    PTPN IX Siap Pasok Kopi keseluruh Lapas

    SEMARANG (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara IX siap memasok produk kopi ke seluruh lembaga pemasyarakatan di Indonesia melalui kerja sama dengan Jeera Foundation yang ditunjuk Kementerian Hukum dan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99