Selasa, 23 Jan 2018
  • Home
  • Agribisnis
  • 7 Perusahaan di Sumbar Merah dalam Pengelolaan Lingkungan

7 Perusahaan di Sumbar Merah dalam Pengelolaan Lingkungan

Oleh: marsot
Jumat, 22 Des 2017 04:28
BAGIKAN:
istimewa.
Sungai tercemar.
PADANG (EKSPOSnews): Sebanyak tujuh dari 38 perusahaan di Sumatera Barat dinilai belum menaati peraturan lingkungan berdasarkan program penilaian peringkat kinerja perusahaan (Proper).

"Tujuh perusahaan itu mendapat nilai merah atau pengelolaan lingkungannya belum sesuai dengan persyaratan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan dan dalam tahapan melaksanakan sanksi administrasi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Siti Aisyah di Padang, Kamis 21 Desember 2017.

Tujuh perusahaan itu masing-masing PT Family Raya, PT Batang Hari Barisan, PT Teluk Luas, PT AMP Plantation, CV Bara Mitra Kencana, PT Allied Indo Coal Jaya dan PT Nusantara Beta Farma.

Permasalahan perusahaan itu rata-rata berkaitan dengan limbah dan perizinan yang tidak lengkap.

Sementara 25 perusahaan sudah mendapatkan nilai biru atau perusahaan telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan sesuai dengan ketentuan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Siti mengatakan penilaian itu disesuaikan dengan program penilaian peringkat kinerja perusahaan (Proper) yaitu program pengawasan terhadap industri yang bertujuan mendorong ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup.

Selain itu juga bertujuan untuk mendorong industri menerapkan prinsip ekonomi hijau dengan kriteria penilaian kinerja sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, konservasi air, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati, 3R limbah B3 dan limbah padat non B3 serta mengurangi kesenjangan ekonomi dengan menerapkan program pemberdayaan masyarakat.

Penilaian perusahaan sesuai Proper dibagi atas lima yaitu emas, hijau, biru, merah dan hitam.

Emas untuk usaha dan atau kegiatan yang telah sccara konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan (environmental excellency) dalam proses produksi dan atau jasa. mclaksanakan bisnis yang beretika dan bcrtanggung jawab terhadap masyarakat. Hijau untuk usaha dan atau kegiatan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumbcrdaya sccara cfisicn melalui upaya 4R (Reduce, Reuse, Recycle dan Recovery), dan melakukan upaya tanggung jawab sosial (CSRComdev) dengan baik.

Biru untuk usaha dan atau kegiatan yang telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan sesuai dengan ketentuan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Merah upaya pengelolaan lingkungan yang dilakukan belum sesuai dengan persyaratan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan dan dalam tahapan melaksanakan sanksi administrasi. Hitam untuk usaha dan atau kegiatan yang sengaja melakukan perbuatan atau melakukan kelalaian yang mengakibatkan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan serta pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku atau tidak melaksanakan sanksi administrasi Ke depan menurut Siti pihaknya akan mendorong perusahaan yang mendapat nilai merah untuk bisa meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Setan Merah Gasak Arsenal

    LONDON (EKSPOSnews): Rentetan 12 kemenangan kandang secara beruntun milik Arsenal terhenti ketika Jesse Lingard mencetak dua gol saat tim peringkat kedua Manchester United menang 3-1 pada Sabtu.Kapten

  • 2 bulan lalu

    Setan Merah Hantam Watford

    LONDON (EKSPOSnews): Manchester United sukses menekuk  Watford dalam lanjutan Premier League pekan ke-14 yang digelar di Vicarage Road, Rabu dini hari WIB, 29 November 2017 dengan skor 4-2.Setan

  • 2 bulan lalu

    Mendorong Produksi Gula Merah dari Tebu di Waykanan

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Wakil Bupati Waykanan Edward Antony mendukung program unggulan dinas perkebunan setempat pada 2018 yaitu produksi gula merah dengan menggunakan sari tebu."Di Waykanan banya

  • 3 bulan lalu

    Menyalurkan Bibit Bawang Merah di Bangka Belitung

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyalurkan ribuan bibit bawang merah kepada kelompok-kelompok rumah tangga lestari, guna meningkatkan produksi dan men

  • 4 bulan lalu

    Satgas Pamtas RI-PNG Kembangkan Bawang Merah

    KEEROM (EKSPOSnews): Personil Satgas Pamtas RI-PNG Yonmek 512/QY yang di pimpin oleh danpos Kalimo Letda Inf Eko Widianto memberikan penyuluhan pertanian tentang cara penanaman/pembudidayaan bawang me

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99