Minggu, 29 Mar 2020

Tuntaskan Eks HGU PTPN II

Kamis, 24 Nov 2016 05:55
BAGIKAN:
marsot
Eks HGU PTPN II Tanjung Morawa.

MEDAN (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Utara dapat bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional Pusat untuk menuntaskan permasalahan lahan eks Hak Guna Usaha PTPN 2 seluas 5.873,06 hektare yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Langkat dan Kota Binjai.

"Pemprov Sumut agar berjuang maksimal menyelesaikan lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) PTPN 2 yang sudah habis masa berlakunya untuk dapat dibagi-bagikan kepada masyarakat pedesaan," kata Pakar Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) Syafaruddin Kalo, di Medan, Rabu 22 November 2016.

Sebelum areal eks HGU PTPN diserahkan kepada warga, menurut dia, Gubernur Sumut terlebih dahulu membuat surat pelepasan lahan tersebut kepada Menteri BUMN.

"Jadi lahan PTPN tersebut harus dilepaskan dari daftar kekayaan Kementerian BUMN, dan hal ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi, serta tidak boleh dilanggar," ujar Syafaruddin.

Ia menyebutkan, Gubernur Sumut juga tidak berwenang membagi-bagikan lahan milik negara itu, sebelum menteri menghapus tanah PTPN dari kekayaan BUMN.

Kemudian, setelah surat pelepasan lahan PTPN itu, diterima oleh Gubernur Sumut, maka dibentuk Tim Panitia, yakni PTPN, Pemerintah Kabupaten/Kota dan instansi terkait lainnya.

"Hal ini harus dilakukan, sebelum tanah tersebut diserahkan kepada masyarakat sesuai dengan data nama-nama warga yang mendapat lahan," ucapnya.

Syafaruddin menjelaskan, BPN Pusat juga perlu memantau mengenai perkembangan pemberian lahan tersebut kepada masyarakat, untuk mengetahui tidak adanya permasalahan di areal PTPN.

Sebab, bisa saja ada kendala ditemukan diatas lahan PTPN tersebut, dan oknum pejabat legislatif dan eksekutif, serta pengembang yang mengaku memiliki areal itu.

"Permasalahan yang seperti ini sudah sering terjadi, BPN dan Pemprov Sumut harus dapat mengantisipasinya karena institusi tersebut yang mengetahui mengenai pembagian lahan PTPN itu," kata Guru Besar Fakultas Hukum USU.(ant)


  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Gizi Buruk di Medan Harus Dituntaskan, Pak Wali Kota!

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kesehatan diharapkan segera menuntaskan kasus gizi buruk yang masih ditemui di kalangan masyarakat kota itu."Permasalahan gizi buruk tersebut, j

  • 3 tahun lalu

    Selidiki Eks HGU PTPN II yang Jatuh ke Tangan Pejabat dan Penggarap Liar

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah diminta agar menyelidiki tanah eks Hak Guna Usaha PT Perkebunan Nusantara 2 di Provinsi Sumatera Utara, seluas 5.873,06 hektare yang diduga banyak dikuasai oknum-oknu

  • 3 tahun lalu

    Mafia Tanah Kuasai Eks HGU PTPN II

    MEDAN (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Utara dan Badan Pertanahan Nasional diminta agar lebih selektif mengenai rencana pembagian lahan eks Hak Guna Usaha PTPN 2 seluas 5.873,06 hektare kepada masya

  • 3 tahun lalu

    Eks HGU PTPN II Dikuasai Pejabat dan Pengembang

    MEDAN (EKSPOSnews): Kementerian Agraria dan Tata Ruang agar bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional untuk menyelamatkan 5.873,06 hektare lahan eks Hak Guna Usaha PTPN II di Provinsi Sumatera

  • 3 tahun lalu

    Pemkot Binjai Minta Eks HGU PTPN II Jadi Kawasan Industri

    MEDAN (EKSPOSnews): Wali Kota Binjai, Sumatera Utara, Muhammad Idaham menjelaskan seluas 131 hektare lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) PTPN II akan dijadikan kawasan industri guna membangun perekonomi

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99