Rabu, 18 Sep 2019

RNI bersama 2 BUMN Hadir di Sulawesi Utara

Kamis, 11 Agu 2016 19:33
BAGIKAN:
istimewa
Rajawali Nusantara Indonesia melakukan operasi pasar.

MaANADO (EKSPOSnews): PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) bersama-sama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya,yaitu PT Jasa Marga (Persero) Tbk.dan PT Industri Kapal Indonesia (Persero) (IKI) akan menggelar beragam acara dalam rangka peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, di Provinsi Sulawesi Utara, pada 13-17 Agustus 2016.

Acara yang diisi berbagai kegiatan seperti jalan sehat, pasar murah, hingga pemberian santunan ini akan dipusatkan di Kota Manado dan beberapa kabupaten lainnya di provinsi Sulawesi Utara.

Peringatan HUT RI di Sulawesi Utara ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang dicanangkan Kementerian BUMN. Melalui program ini, 118 BUMN akan melaksanakan berbagai kegiatan serupa di 34 provinsi di Indonesia.

Direktur Utama PT RNI Didik Prasetyo mengatakan pada tahun ini PT RNI ditugaskan bersama PT Jasa Marga dan PT IKI untuk mensponsori sekaligus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara. "Selain dengan BUMN, dalam pelaksanaannya kami juga berkerja sama dengan pemerintah provinsi maupun masyarakat dan stakeholder lainnya. Banyak pihak yang dilibatkan untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini," ujar Didik.

Didik mengatakan, kegiatan yang akan dilaksanakan telah ditentukan oleh Kementerian BUMN, tercatat tidak kurang dari 15 kegiatan, meliputi, aksi sosial pasar murah bahan kebutuhan pokok, pembinaan narapidana, pembinaan mantan atlet nasional, penyediaan sarana air bersih, elektrifikasi rumah tangga,penyediaan sarana MCK, pembangunan tempat penitipan anak di pasar, pembinaan desa terpencil, perbatasan dan rawan konflik, serta sejumlah kegiatan hiburan seperti jalan sehat 5K, perlombaan yang bisa diikuti oleh masyarakat, dan nonton bareng film anak-anak. Selain itu, BUMN juga akan melaksanakan upacara  peringatan HUT RI di Kantor Wilayah PLN Provinsi Sulawesi Utara.

“Melalui kegiatan sosial dan hiburan tersebut kami berharap masyarakat Sulawesi Utara dapat benar-benar merasakan kehadiran BUMN ditengah-tengah mereka. Kesempatan ini menjadi momentum yang tepat untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa selain berbisnis, sebagai BUMN, PT RNI memiliki peran tanggungjawab sosial dan lingkungan di tengah masyarakat,” ujar Didik.

Selain kegiatan diatas, sebagaimana tahun lalu, BUMN hadir untuk negeri tahun ini akan memberikan apresiasi kepada para veteran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan kembali melaksanakan program bedah rumah veteran. Sebanyak 40 unit rumah veteran yang ada di provinsi Sulawesi Utara akan diperbaiki oleh PT RNI dan PT Jasa Marga bekerja sama dengan TNI Teritorial setempat (Korem dan Kodim). Perbaikan meliputi penyediaan atap yang layak, perbaikan lantai, MCK, pengecatan dinding, ventilasi yang layak, dapur, ruang tidur dan ruang tamu.

Adapun program pertukaran pelajar SMU, SMK, dan SMKLB yang dikenal dengan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) telah dilaksanakan sejak awal Agustus 2016. Melalui program ini, RNI memberangkatkan 20 siswa-siswi berprestasi dan tiga guru pendamping dari Provinsi Sulawesi Utara ke Provinsi Jawa Barat. Proses pemberangkatan diawali dengan pembekalan seputar pendidikan, budaya, dan potensi pariwisata Sulut yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Nasional dan dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara.

Ketersediaan infrastruktur di daerah pelosok juga tidak lepas dari perhatian PT RNI, PT Jasa Marga, dan PT IKI pada peringatan HUT RI tahun ini. Terbukti dengan adanya program Pembianaan Desa Terpencil yang akan dilaksanakan di Desa Motoling dan Desa Motoling Barat, Kabupaten Minahasa. Program yang bertujuan memberikan sumbangsih bagi masyarakat pedesaan Sulawesi Utara ini meliputi pembinaan melalui pemberian penyuluhan dan pengembangan keahlian warga desa terhadap potensi daerah.

Sementara itu, untuk penyediaan sarana air bersih akan dilakukan didua desa yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara. Lokasi yang masuk dalam program penyediaan sarana air bersih ini adalah lokasi yang masih mengalami kesulitan memperoleh akses air bersih. Penyediaan listrik dan MCK juga menjadi program yang mengiringi pembenahan infrastruktur pedesaan.

Uniknya, tahun ini selain kegiatan yang telah rutin dilaksanakan,ada beberapa program yang baru di-launching tahun ini, seperti pembinaan narapidana, pembinaan mantan atlet yang pernah mendapatkan medali,dan pembangunan tempat penitipan anak di salah satu pasar tradisional di Kota Manado.(ril)
 


  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Pernikahan Dini Harus Ditangani Serius

    JAKARTA (EKSPOSnews):  Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah menginginkan berbagai pihak khususnya pemerintah agar dapat menanggapi dengan serius berbagai kasus pernikahan anak yang masih

  • 4 bulan lalu

    RNI Berangkatkan 1.500 Pemudik dengan Bus dan Kapal Laut

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) turut serta mendukung terlaksananya mudik lebaran tahun 2019 yang lancar dan aman melalui pelaksanaan Mudik Bareng dengan memberan

  • 4 bulan lalu

    Pegawai BUMN Lebih Banyak Dukung Prabowo

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membantah adanya penggerakan pegawai Badan Usaha Milik Negaera (BUMN) maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memenangkan pasangan calon (paslo

  • 4 bulan lalu

    BUMN Santuni Anak Yatim di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terdiri dari PT PLN, PTPN1 dan Adhi Karya, menggelar safari Ramadhan 1440 Hijriah dengan menyantuni 1.000 anak yatim Aceh.Santunan anak yatim d

  • 4 bulan lalu

    RNI Minta Perlindungan Hukum Aset Negara Kepada Satgas Saber Pungli

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) mengajukan permohonan perlindungan hukum terhadap aset negara kepada Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kemenk

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99