Jumat, 18 Agu 2017

RNI Genjot Produksi Gula

Oleh: Alex
Sabtu, 17 Jun 2017 06:00
BAGIKAN:
istimewa
Gula.
SEMARANG (EKSPOSnews): PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menargetkan produksi gula pasir pada 2017 ini meningkat menjadi 316.000 ton dari 283.000 ton pada 2016 seiring dengan iklim yang mulai membaik.

"Target kami volume produksi pada tahun ini sebanyak 316.000 ton atau meningkat dari volume produksi tahun lalu yang mencapai 283.000 ton," kata Direktur Utama RNI B Didik Prasetyo di sela pemberian 1.500 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu di Masjid Atthohiriyah Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Semarang, Jumat 16 Juni 2017.

Ia mengatakan target produksi tersebut sama dengan tahun 2015. Sedangkan pada tahun 2016, diakuinya, volume produksi mengalami penurunan.

"Kalau tahun ini kan iklim berjalan normal dan kondisi pabrik siap produksi, jadi volume produksi kami tingkatkan. Total target produksi tersebut sampai dengan akhir musim giling," katanya.

Menurut dia, musim giling sudah dimulai sejak bulan Juni dan diprediksi selesai pada bulan Oktober-November 2017. Sejauh ini produksi sudah terealisasi sebesar 3.000 ton.

Mengenai kerja sama dengan petani, ia mengatakan masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu dengan menerapkan sistem bagi hasil. Untuk tahun ini sistem bagi hasil yaitu 66 persen untuk petani dan sisanya untuk pabrik gula.

Selanjutnya, untuk penjualan gula pasir masih lebih banyak bersifat ritel. Meski demikian, ke depan pemerintah menginstruksikan agar hasil produksi gula pasir seluruhnya dipasok ke Perum Bulog.

"Sejauh ini harga jual gula pasir dari kami ke Perum Bulog Rp10.900 per kg. Ke depan untuk harga akan kami sesuaikan dengan mekanisme pasar, saat ini ada kecenderungan harga mengalami penurunan," katanya.

Ia mengatakan khusus untuk produksi gula pasir sejauh ini memberikan kontribusi sebesar 35 persen terhadap total omzet RNI, sedangkan sisanya masih didominasi oleh sektor perdagangan.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    RNI dan Bulog Hadir di Salah Satu Pulau Terluar Indonesia

    TARAKAN (EKSPOSnews): PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) bersama Perum Bulog menggelar Jalan Sehat 5 Km di salah satu pulau terluar yang ada di Provinsi Kalimantan Utara, Minggu, 13 Agust

  • 4 hari lalu

    Stok Gula RNI Menumpuk

    TARAKAN (EKSPOSnews): Stok gula milik PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dari hasil musim giling tahun ini masih menumpuk 30.000 ton karena serapan pasar yang seret, kata Direktur Utama RNI B. Didi

  • 5 hari lalu

    Festival Kuliner RNI-Bulog di Kaltara

    TARAKAN (EKSPOSnews): Festival kuliner nusantara hasil kerja sama panitia dengan Karang Taruna yang mengelola pedagang-pedagang di sekitar Stadion Datu Adil, Tarakan. Kami berharap masyarakat dapat be

  • satu minggu lalu

    Mahasiswa ITS Ciptakan Mesin Pemurnian Garam Kasar

    JAKARTA (EKSPOSnews): Lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan mesin untuk memurnikan garam krosok (kasar) menjadi garam industri.Alat yang diciptakan Nur Imam Ahmadi bersa

  • 2 minggu lalu

    Sukuk RNI untuk Apa?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pendanaan berbasis syariah dewasa ini semakin diminati oleh pelaku usaha di Tanah Air. Diantara berbagai sistem pendanaan yang tersedia, obligasi syariah atau sukuk menjadi fasil

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak