Minggu, 19 Nov 2017

RNI, Pertamina, dan Toyota Kembangkan Energi Terbarukan dari Rumput Gajah

Kamis, 06 Okt 2016 19:21
BAGIKAN:
istimewa
RNI, Pertamina, dan Toyota kembangkan energi dari rumput gajah.

MAJALENGKA (EKSPOSnews): Sebagai upaya mendukung program ketahanan energi yang dicanangkan Pemerintah serta dalam rangka pemanfaatan biomassa sebagai sumber energi alternatif, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), dan Toyota Motor Corporation melakukan pengembangan biomassa napier grass atau rumput gajah sebagai bahan baku biofuel.

Direktur Utama PT RNI Didik Prasetyo pada panen pertama rumput gajah RNI, Kamis, 6 Oktober 2016, di Majalengka,Jawa Barat, mengatakan, ditengah semakin menipisnya cadangan energi fosil dunia maka ketergantungan terhadap bahan bakar fosil harus mulai dikurangi sedikit demi sedikit, oleh karena itu, pengembangan energi terbarukan sudah menjadi keharusan yang tidak dapat ditunda.

“Sebagai BUMN dengan bisnis inti agro industri,PT RNI berupaya berperan aktif dalam pengembangan energi terbarukan yang berbasis perkebunan,salah satunya melalui pemanfaatan biomassa yang dihasilkan dari rumput gajah menjadi biofuel,” ungkapnya.

Didik mengatakan, sebagai langkah awal,sejak 2015 Pusat Penelitian Agro milik PT PG Rajawali II Cirebon telah menyiapkan lahan seluas 7 hektare di HGU PG Jatitujuh, Majalengka, untuk keperluan riset pengembangan tanaman yang berpotensi sebagai sumber energi. Pemanfaatan rumput gajah itu sendiri tidak terlepas dari kandungan biomassa yang tinggi sehingga cocok digunakan sebagai salah satu bahan pembuat biofuel.

“Iklim di Indonesia sangat mendukung pengembangan rumput gajah. Selama ini rumput gajah belum banyak dimanfaatkan selain sebagai makanan ternak, bahkan terkadang dibiarkan tumbuh secara liar, padahal kandungan biomassanya cukup baik untuk dijadikan sumber energi terbarukan,” kata Didik.

Didik menambahkan, agar pengembangan biofuel ini berkelanjutan, baik dari sisi pasokan bahan baku, riset, pengembangan, dan kebermanfaatan digagas kerja sama kemitraan strategis antara PT RNI,PT Pertamina, dan Toyota Motor Corporation.“Pembicaraan kerja sama yang dimulai pada tahun 2015 dan ditandai penandatanganan MoU di awal 2016 ini telah menuai hasil dengan panen perdana rumput gajah,kedepan akan dilakukan riset lebih lanjut,” paparnya.

Selain itu, kemitraan ini juga bertujuan mewujudkan sinergi BUMN antara PT RNI dan PT Pertamina. “Untuk pemanfaatannya, RNI menjalin sinergi BUMN dengan Pertamina,yang pasti,sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional, sumber energi terbarukan dari jenis biomassa diarahkan untuk ketenagalistrikan dan transportasi,” tambahnya.

Pemerintah sendiri terus menggenjot kebijakan peningkatan subtitusi biofuel kedalam BBM untuk menekan tingginya angka impor BBM yang pada tahun 2016 mencapai 8juta barel per bulan. Dengan subtitusi penggunaan bahan bakar terbarukan diharapkan terjadi penghematan devisa serta mendukung clean energy.

Sasaran kebijakan energi terbarukan khususnya biomassa, seperti yang dicanangkan dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor: 12 Tahun 2015,tentang Kebijakan Energi Nasional adalah mewujudkan bauran energi untuk energi baru dan terbarukan terhadap konsumsi energi nasional Iebih dari 23%  pada tahun 2025.

“Ini merupakan langkah awal, kedepannya tidak menutup kemungkinan RNI akan menjajaki pemanfaatan sumber energi terbarukan lainnya mengingat potensi limbah biomass yang dihasilkan dalam proses produksi di perkebunan dan pabrik-pabrik RNI Group cukup besar,” kata Didik.

Sebelumnya, anak perusahaan RNI yang lain PT Mitra Kerinci sudah lebih dulu mengembangkan energi terbarukan melalui pembuatan PLTMH di Liki, Solok Selatan, Sumatera Barat.(ril)
 


  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Berkas Kasus Penjualan Aset Pertamina Sudah Lengkap

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kejaksaan Agung telah menyatakan P21 atau berkas lengkap terkait kasus dugaan korupsi penjualan aset tanah PT Pertamina yang terjadi pada tahun 2011."Kasus dugaan korupsi aset Pe

  • 5 hari lalu

    Pertamina Lakukan Pengobatan Gratis di Sibolga

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pertamina Marketing Operation Region I menggelar bakti sosial berupa pengobatan dan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi masyarakat di Kota Sibolga, Sumatera Utara.Dalam keg

  • satu minggu lalu

    Pertamina Bantu Sekolah di Sumbar

    PARIAMAN (EKSPOSnews): PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I memberikan program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang pendidikan kepada SMA Negeri 2 Batang Anai, Pariaman, Sumater

  • satu minggu lalu

    RNI Garap Tol Laut dan Rumah Kita Pertama di Pulau Sangihe Kabupaten Pulau Tahuna

    JAKARTA (EKSPOSnews): Tol Laut merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicanangkanoleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabu

  • 2 minggu lalu

    Pemkot Pariaman Upayakan Modernisasi Alat Pertanian

    PARIAMAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat mengupayakan modernisasi atau pembaharuan alat pertanian bagi seluruh kelompok tani yang ada di daerah setempat."Modernisasi alat pertan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99