Senin, 23 Okt 2017

Penyegelan Gula Rugikan PTPN XI

Oleh: Alex
Kamis, 24 Agu 2017 14:58
BAGIKAN:
istimewa
Gula.
SITUBONDO (EKSPOSnews): Beredarnya informasi terkait penyegelan gula milik PT Perkebunan Nusantara XI di PG Panji Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, oleh PPNS Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan merugikan pihak pabrik gula dan petani.

"Setelah beredarnya informasi di media 'online' dan beberapa media lainnya terkait penyegelan gudang gula di PG kami, dampaknya banyak pembeli atau pedagang yang khawatir serta enggan membeli gula di sini," kata General Manajer PG Panji Situbondo Agus Zain Arifin kepada wartawan di Situbondo, Rabu 23 Augustus 2017.

Ia mengemukakan, informasi penyegelan gudang berisi gula sebanyak sekitar 3.400 ton di PG Panji oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag beberapa waktu lalu. Setelah dilakukan uji laboratorium oleh Kemendag, hasil IU (ICUMSA Unit) 242 atau sudah memenuhi SNI.

Karena itu, pihaknya berharap PPNS Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga untuk segera membuka segel yang hingga saat ini masih terpasang di gudang gula PG Panji di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji tersebut.

"Intinya kami mengundang teman-teman (wartawan) guna mengklarifikasi pemberitaan penyegelan gula kami yang sebelumnya disegel dan tidak boleh diedarkan sebelum dilakukan uji laboratorium guna mengetahui layak edar atau tidak," katanya.

Agus menyampaikan bahwa pemeriksaan gula oleh PPNS Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga itu tidak hanya dilakukan di PG PTPN XI saja, namun pemeriksaan juga dilakukan di PTPN lainnya.

"Kami akan terus berupaya memenuhi mutu gula sesuai SNI. Setelah Kemendag melakukan uji laboratorium dan hasil IU 242 atau memenuhi SNI, harapan kami segel dari PPNS secepat mungkin dibuka," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan melakukan pemeriksaan di beberapa gudang pabrik gula milik BUMN termasuk di pabrik gula PTPN XI dan tercatat ada empat PG yang diambil sampel gula pasir untuk uji laboratorium, di antaranya PG Panji, PG Rejosari, PG Purwodadi dan PG Pagottan.

Tim Kemendag mengambil sampel gula untuk diperiksa di Sucofindo serta memberikan PPNS Line hanya di tempat yang diambil sampelnya saja atau PPNS Line tidak di semua gudang gula milik pabrik gula PTPN XI.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99