Senin, 15 Okt 2018

Pabrik Gula Panji Genjot Gula Petani

Oleh: Jallus
Sabtu, 26 Agu 2017 03:55
BAGIKAN:
istimewa
Gula.
SITUBONDO (EKSPOSnews): General Manajer Pabrik Gula Panji, Kabupaten Situbondo, Agus Zain Arifin, menargetkan produksi gula pasir tahun 2017 milik petani maupun PG sekitar 20 ribu ton.

"Dari produksi gula pasir sekitar 20 ribu ton tersebut sekitar 12 ribu ton adalah gula milik petani, dan 8.200 ton di antaranya adalah milik pabrik gula yang dijual untuk modal perbaikan pabrik," katanya di Situbondo, Jawa Timur, Jumat 25 Augustus 2017.

Sedangkan lahan tebu milik petani (tebu rakyat) dan tebu milik PG Panji di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, itu, lanjut dia, total keseluruhan tebu yang akan digiling sebanyak 241 ribu ton tebu atau sekitar 2,4 juta kuintal tebu.

Sementara kemampuan atau kapasitas giling tebu di PG Panji milik PT Perkebunan Nusantara XI itu, katanya, setiap harinya mampu giling 1.900 ton tebu per hari.

"Untuk rendemin tahun ini kami targetkan dan mengupayakan lebih tinggi, yakni 8,29 dibanding tahun sebelumnya (2016) produksi gula rendeminnya 7,05," ucapnya.

Menurut Agus, upaya menaikkan rendemin gula 8,29 pada 2017 di PG Panji sebagai bentuk kompensasi kepada petani karena harga gula musim giling tahun ini turun bila dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pada musim panen tebu tahun ini harga gula memang turun, yakni saat ini Rp9.700 per kilogram, sedangkan tahun lalu harga gula terjual bisa sampai Rp10.300 per kilogram," katanya.

Ia menambahkan, guna mencapai rendemin gula petani hingga 8,29, tebu petani yang akan digiling dan diproduksi di PG Panji harus benar-benar bersih serta tebunya matang dan segar.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Gubernur Babel Ancam Tutup PKS yang Tak Terima Buah Sawit Petani

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengancam mencabut izin usaha pabrik sawit yang tidak mau menerima panen sawit petani di daerah itu."Saat ini ada

  • satu bulan lalu

    Petani Adukan Peredaran Gula Rafinasi ke Bareskrim Polri

    JAKARTA (EKSPOSnews): Petani tebu yang bernaung di bawah Andalan Petani Tebu Indonesia (Aptri), mengadukan peredaran gula kristal rafinasi (GKR) ke pasar yang berasal dari tiga perusahaan kepada Bares

  • 3 bulan lalu

    Petani Swadaya Mengeluh, Harga Buah Sawit Rendah

    PAYAKUMBUH (EKSPOSnews): Harga terkini tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Sumatera Barat bagi petani yang bermitra dengan perusahaan yakni Rp1.740 per kilogram dan untuk petani swadaya berkisar R

  • 3 bulan lalu

    Petani Protes Perluasan Lahan PLTU Bengkulu

    BENGKULU (EKSPOSnews): Sejumlah petani penggarap lahan di areal Pelabuhan Pulau Baai yang dikelola PT Pelindo II Bengkulu memprotes perluasan lokasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu ba

  • 3 bulan lalu

    Bantuan Traktor untuk Petani Lampung Timur

    LAMPUNG TIMUR (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur melalui Dinas Perikanan dan Pertanian memberikan bantuan 487 hand tractor (traktor tangan) kepada petani melalui 487 kelompok ta

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99