Senin, 20 Nov 2017

Pabrik Gula Panji Genjot Gula Petani

Oleh: Jallus
Sabtu, 26 Agu 2017 03:55
BAGIKAN:
istimewa
Gula.
SITUBONDO (EKSPOSnews): General Manajer Pabrik Gula Panji, Kabupaten Situbondo, Agus Zain Arifin, menargetkan produksi gula pasir tahun 2017 milik petani maupun PG sekitar 20 ribu ton.

"Dari produksi gula pasir sekitar 20 ribu ton tersebut sekitar 12 ribu ton adalah gula milik petani, dan 8.200 ton di antaranya adalah milik pabrik gula yang dijual untuk modal perbaikan pabrik," katanya di Situbondo, Jawa Timur, Jumat 25 Augustus 2017.

Sedangkan lahan tebu milik petani (tebu rakyat) dan tebu milik PG Panji di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, itu, lanjut dia, total keseluruhan tebu yang akan digiling sebanyak 241 ribu ton tebu atau sekitar 2,4 juta kuintal tebu.

Sementara kemampuan atau kapasitas giling tebu di PG Panji milik PT Perkebunan Nusantara XI itu, katanya, setiap harinya mampu giling 1.900 ton tebu per hari.

"Untuk rendemin tahun ini kami targetkan dan mengupayakan lebih tinggi, yakni 8,29 dibanding tahun sebelumnya (2016) produksi gula rendeminnya 7,05," ucapnya.

Menurut Agus, upaya menaikkan rendemin gula 8,29 pada 2017 di PG Panji sebagai bentuk kompensasi kepada petani karena harga gula musim giling tahun ini turun bila dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pada musim panen tebu tahun ini harga gula memang turun, yakni saat ini Rp9.700 per kilogram, sedangkan tahun lalu harga gula terjual bisa sampai Rp10.300 per kilogram," katanya.

Ia menambahkan, guna mencapai rendemin gula petani hingga 8,29, tebu petani yang akan digiling dan diproduksi di PG Panji harus benar-benar bersih serta tebunya matang dan segar.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Peremajaan Sawit Akan Meningkatkan Kesejahteraan Petani

    JAKARTA (EKSPOSnews): Program replanting atau peremajaan sawit rakyat dinilai akan membawa bangsa Indonesia semakin sejahtera dan berdaulat, apalagi peremajaan kebun sawit rakyat tersebut didukung pen

  • 2 bulan lalu

    63 Petani Kelapa Sawit UD Lestari Terima Sertifikat RSPO

    MEDAN (EKSPOSnews): Petani sawit pertama di Sumatera Utara terima sertifikat RSPO, dan menungkinkan mendapatkan harga premium buah sawit dari pembeli.Kelompok petani kelapa sawit mandiri, UD Lestari m

  • 2 bulan lalu

    Waduh...Gula Petani Tak Laku

    KUDUS (EKSPOSnews): Dewan Pimpinan Nasional Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mencatat ada sekitar 500.000 ton gula tani belum laku karena pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) gula tani

  • 3 bulan lalu

    Segera Serap Gula Petani

    KUDUS (EKSPOSnews): Anggota Komisi VI DPR RI Abdul Wachid mendesak Pemerintah Pusat untuk segera menyerap gula petani karena petani tebu sudah terlalu lama menunggu penyerapan gula tersebut."Kami berh

  • 3 bulan lalu

    Pemerintah Jangan Tutup Mata Terhadap Penumpukan Gula Petani

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah perlu mengatasi permasalahan penumpukan ribuan ton gula hasil petani nasional yang terjadi di berbagai daerah karena hal tersebut terkait dengan kesejahteraan para pet

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99