Sabtu, 21 Apr 2018

Pabrik Gula Panji Genjot Gula Petani

Oleh: Jallus
Sabtu, 26 Agu 2017 03:55
BAGIKAN:
istimewa
Gula.
SITUBONDO (EKSPOSnews): General Manajer Pabrik Gula Panji, Kabupaten Situbondo, Agus Zain Arifin, menargetkan produksi gula pasir tahun 2017 milik petani maupun PG sekitar 20 ribu ton.

"Dari produksi gula pasir sekitar 20 ribu ton tersebut sekitar 12 ribu ton adalah gula milik petani, dan 8.200 ton di antaranya adalah milik pabrik gula yang dijual untuk modal perbaikan pabrik," katanya di Situbondo, Jawa Timur, Jumat 25 Augustus 2017.

Sedangkan lahan tebu milik petani (tebu rakyat) dan tebu milik PG Panji di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, itu, lanjut dia, total keseluruhan tebu yang akan digiling sebanyak 241 ribu ton tebu atau sekitar 2,4 juta kuintal tebu.

Sementara kemampuan atau kapasitas giling tebu di PG Panji milik PT Perkebunan Nusantara XI itu, katanya, setiap harinya mampu giling 1.900 ton tebu per hari.

"Untuk rendemin tahun ini kami targetkan dan mengupayakan lebih tinggi, yakni 8,29 dibanding tahun sebelumnya (2016) produksi gula rendeminnya 7,05," ucapnya.

Menurut Agus, upaya menaikkan rendemin gula 8,29 pada 2017 di PG Panji sebagai bentuk kompensasi kepada petani karena harga gula musim giling tahun ini turun bila dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pada musim panen tebu tahun ini harga gula memang turun, yakni saat ini Rp9.700 per kilogram, sedangkan tahun lalu harga gula terjual bisa sampai Rp10.300 per kilogram," katanya.

Ia menambahkan, guna mencapai rendemin gula petani hingga 8,29, tebu petani yang akan digiling dan diproduksi di PG Panji harus benar-benar bersih serta tebunya matang dan segar.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Perhutanan Sosial Atasi Konflik dengan Petani

    TUBAN (EKSPOSnews): Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai bahwa perhutanan sosial dapat menjadi solusi sengketa lahan yang selama ini dialami para petani."Perhutanan sosial d

  • 2 bulan lalu

    Petani Padang Tuntut Perbaikan Irigasi

    PADANG (EKSPOSnews): Puluhan petani di Kota Padang, Sumatera Barat melakukan unjuk rasa menuntut pemerintah setempat memperbaiki irigasi Koto Tuo di Kecamatan Koto Tangah yang jebol dan menyebabkan ra

  • 3 bulan lalu

    Petani Karet di Mukomuko Kurang Berminat Remajakan Karet

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan petani setempat kurang berminat meremajakan atau "replanting" tanaman karetnya yang tidak produktif lagi."Petan

  • 3 bulan lalu

    Sejumlah Petani Adang Kendaraan Asian Agri Group

    SINGKIL (EKSPOSnews): Sejumlah kelompok tani di Kabupaten Aceh Singkil menggelar aksi dengan memblokade aktivitas kendaraan milik perusahaan perkebunan, PT Asian Agri/Delima Makmur, di Singkil, 

  • 3 bulan lalu

    Impor Beras Rugikan Petani

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan menilai kebijakan impor beras saat ini tidak tepat waktu karena petani hendak memasuki panen raya."Dua minggu lagi sudah mulai panen raya

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99