Rabu, 01 Apr 2020

PTPN XIII Hentikan Operasional 5 Pabrik Kelapa Sawit

Oleh: Jallus
Rabu, 25 Jul 2018 03:56
BAGIKAN:
istimewa.
Buah sawit.
PONTIANAK (EKSPOSnews): Manajemen PT Perkebunan Nusantara XIII menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk melakukan upaya penyehatan seiring memburuknya kinerja perusahaan beberapa tahun terakhir.

"Setelah berkoordinasi dengan Holding PTPN, kami bertekad melakukan restrukturisasi korporasi untuk menyehatkan kondisi perusahaan. Langkah tersebut harus didukung oleh seluruh karyawan, mitra, dan stakeholders terutama pemerintah daerah," kata Direktur Utama PTPN XIII Alexander Maha dalam keterangannya kepada pers di Pontianak, Selasa 24 Juli 2018.

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) selaku pemegang saham PTPN XIII bersama Himpunan Bank-Bank Negara (HIMBARA), secara bersama-sama mendukung Manajemen PTPN XIII untuk melakukan upaya penyehatan atas kinerja perusahaan.

Alexander menjelaskan, restrukturisasi korporasi di segala lini yakni restrukturisasi aset, restrukturisasi keuangan, dan restrukturisasi Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga kondisi perusahaan diyakini segera kembali membaik.

Saat ini manajemen, ujar dia, juga tengah menyiapkan beberapa upaya strategis yang akan diawali dengan melakukan restrukturisasi dan rehabilitasi aset dengan menghentikan sementara operasional lima Pabrik Kelapa Sawit (PKS), untuk mencegah kerugian yang lebih dalam.

"Dalam hal ini kami telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimatan Barat untuk membantu penyerapan produksi TBS Plasma/mitra kepada pihak lain/swasta. Kebijakan juga sudah di sosialisasikan dengan internal dan mitra atau petani plasma," jelasnya.

Alexander juga menambahkan bahwa bagi petani plasma yang kooperatif dengan status pembayaran kewajiban adalah lancar, PTPN XIII akan memberikan perhatian khusus, mendukung mereka sehingga TBS petani plasma yang kooperatif dan lulus sortasi akan dipastikan tersalur, apabila diperlukan PTPN akan bertindak selaku "off taker" atas TBS mereka.

Langkah restrukturisasi aset lainnya, kata Alexander, akan dilakukan dengan mengoptimalisasi aset-aset yang dimiliki oleh perusahaan.

Antara lain eksplorasi tambang dengan melibatkan potensi mitra strategis atau pihak ketiga untuk mendapatkan dana segar.

Dia menjelaskan, dalam upaya pemulihan ini Holding PTPN mengambil alih (take over) proses restrukturisasi keuangan khususnya utang PTPN XIII kepada sejumlah kreditor.

Selain itu, Alexander menjelaskan, manajemen juga melakukan upaya optimalisasi SDM disemua level. Manajemen berharap, langkah efisiensi ini mendapat dukungan seluruh pihak khususnya internal dan mitra, agar proses pemulihan ini dapat dilakukan dengan cepat.

Manajemen optimistis kondisi perusahaan akan kembali membaik sehingga peranan PTPN XIII sebagai perusahaan BUMN dapat menjalankan fungsinya sebagai penggerak perekonomian terutama di Kalimantan Barat.

"Langkah yang ditempuh manajemen ini telah dibicarakan dengan pemegang saham dan disosialisasikan oleh internal perusahaan dan serikat karyawan sehingga program turn around ini merupakan program bersama dan menjadi pondasi perusahaan yang diharapkan mendapatkan dukungan semua pihak agar proses pemulihan kinerja perusahaan akan segera membaik," kata Alexander.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    PKS di Indonesia Mampu Dorong Bioenergi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat kapasitas pengolahan kelapa sawit mentah di Indonesia mencapai 38.320 ton

  • tahun lalu

    Uji Coba Biodiesel B50 Berhasil Menempuh Perjalanan Medan-Jakarta

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) melaksanakan ujicoba penggunaan biodiesel 50 persen (B50) pada dua mobil bermesin diesel menempuh perjalanan dari Kota Medan, Sumatera Utara,

  • tahun lalu

    PPKS Kembangkan Pengunaan B50

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) yang merupakan lembaga di bawah PT Riset Perkebunan Nusantara mengembangkan penggunaan biodiesel 50 persen pada pencampuran minyak solar atau

  • tahun lalu

    Gubernur Babel Ancam Tutup PKS yang Tak Terima Buah Sawit Petani

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengancam mencabut izin usaha pabrik sawit yang tidak mau menerima panen sawit petani di daerah itu."Saat ini ada

  • 2 tahun lalu

    Pengurus PKS Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

    PALANGKA RAYA (EKSPOSnews): Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah menetapkan Agus Sugianto, yang diduga menjabat Sekretaris DPC Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kotawaringin Timur, resmi jadi t

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99