Selasa, 24 Apr 2018

PTPN XI Kembangkan Bisnis Edamame

Oleh: marsot
Kamis, 16 Nov 2017 00:08
BAGIKAN:
istimewa.
Tebu.
JEMBER (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI bekerja sama dengan PT Mitra Tani Dua Tujuh mengembangkan diversifikasi bisnis edamame.

Terkait hal itu kedua perusahaan tersebut melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu 15 November 2017.

"Nota kesepahaman tentang penanaman dan pengolahan edamame itu wujud saling bersinergi antara PTPN XI dengan anak perusahaan PTPN X sesuai dengan kompetensi masing-masing dengan mengoptimalkan kemampuan dan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak," kata Direktur Utama PTPN XI Moch. Cholidi di Jember.

Menurutnya kerja sama tersebut dalam bentuk pengolahan dan pemasaran produk edamame atau kedelai Jepang, agar memberi nilai tambah bagi kedua belah pihak baik PTPN XI maupun PT Mitra Tani Dua Tujuh.

"Kami memiliki lahan yang luas untuk ditanami edamame, sedangkan pihak Mitratani memberikan pelatihan dan pendampingan serta transfer teknologi kegiatan budi daya edamame dari mulai tanam, panen, penanganan pascapanen sampai dengan pengolahan produk edamame hingga dalam kemasan kualitas ekspor," tuturnya.

Tahun 2017 diproyeksikan ada sekitar 500 hektare lahan yang dibongkar dan sebagian lahan tersebut digunakan untuk pembibitan edamame, sedangkan sisanya dimanfaatkan untuk penanaman kedelai.

Namun, mengingat besarnya potensi pasar edamame, ke depan seluruh lahan dapat digunakan untuk penanaman edamame dan produk edamame premium dipilih karena potensi pasar masih terbuka.

Ke depan, lanjut dia, dipertimbangkan untuk pembangunan pabrik pengolahan edamame dengan tetap mempertimbangkan ketersediaan bahan baku olahan serta pangsa pasar.

"Pengembangan edamame akan dikerjakan di sekitar Pabrik Gula Jatiroto Lumajang karena edamame membutuhkan 'cold storage' yang konsumsi listriknya besar dan tahun depan PG Jatiroto siap memproduksi listrik," ujarnya, menambahkan.

PT Perkebunan Nusantara XI memiliki 16 unit pabrik gula, 1 unit pabrik karung Rosella Baru dan 1 unit pabrik alkohol dan spiritus dengan wilayah kerja Jawa Timur.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    PTPN XI Gandeng 3 Perusahaan Revitalisasi Pabrik Gula

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara XI menggandeng tiga perusahaan, dua di antaranya dari perbankan nasional untuk mempercepat program revitalisasi pabrik gula yang dimiliki perusahaan ters

  • 3 bulan lalu

    PTPN XI Rangkul Usaha Kecil

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara XI menargetkan merangkul lebih banyak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada 2018, melalui program kemitraan bina lingkungan serta Corporate Social Responsi

  • 4 bulan lalu

    PTPN XI Genjot Produksi Tebu

    SURABAYA (EKSPOSnews): Perseroan terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) XI pada 2018 menargetkan peningkatan produksi hingga lima juta tebu Ton Cane Day (TCD), atau naik dari realisasi tahun 2017 sebesa

  • 4 bulan lalu

    PTPN XII Salurkan Kredit Kemitraan Peternak Sapi

    BANYUWANGI (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII menyalurkan kredit kemitraan kepada kelompok peternak sapi di sekitar Kebun milik PTPN XII di Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso di

  • 5 bulan lalu

    PTPN XI Salurkan Bantuan Bencana

    SURABAYA (EKSPOSnews): Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara XI menyalurkan bantuan korban bencana angin puting beliung di Sidoarjo serta banjir dan tanah longsor di Pacitan, Jawa Timur, sebesar Rp1

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99