Rabu, 15 Agu 2018

PTPN XI Kejar Target Produksi

Oleh: Master Sihotang
Kamis, 02 Mar 2017 18:58
BAGIKAN:
istimewa
Pabrik Gula.
SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI terus mengejar target produk diversifikasi atau turunan tebu selain gula, tujuannya untuk meningkatkan kinerja produksi gula dan perolehan laba pada tahun 2017.

"Tahun ini PTPN XI akan terus memperkuat bisnisnya yang menghasilkan produk diversifikasi dari tebu, selain gula," kata Direktur Utama PTPN XI M Cholidi di Surabaya, Kamis 2 Maret 2017.

Cholidi yang baru saja menjabat sebagai direktur utama per tanggal 1 Maret 2017 menggantikan direktur sebelumnya yang dijabat Dolly Parlagutan Pulungan, itu mengaku pekerjaan rumah perseroan yang harus dikerjakan ke depan masih banyak.

Salah satunya, proyek revitalisasi atau peningkatan kapasitas pabrik gula (PG) Assembagoes dan PG Djatiroto yang menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Program yang sudah kami rancang dengan direksi lama akan kami teruskan dan kejar. Dan ini menjadi tugas berat untuk meningkatkan kinerja produksi gula, dan perolehan laba yang diukir tahun 2016 harus bisa kami pertahankan dan tingkatkan," ucapnya.

Terkait proyek diversifikasi yang akan dilakukan, kata Cholidi, di antaranya energi listrik "co-generation" yang ditarget bisa dilakukan pada 2018, produk biofuel, hingga produk turunan lainnya seperti "fermented pellet" sebagai bahan baku kimia.

"PTPN XI mempunyai potensi luar biasa yang masih bisa dikembangkan. Ke depan industri usaha gula mutlak harus diversifikasi karena itu jadi andalan dan bisa menghasilkan, namun gula tetap sebagai core bisnis utama harus dijalankan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Dani Yanto mengatakan produk diversifikasi yang potensi untuk digarap segera adalah fermentasi ampas tebu atau "fermented bagasse pellet" yang digunakan sebagai bahan baku kimia.

"Potensi fermented bagasse pelletdari pabrik gula Assembagoes saja bisa mencapai 100 ton per hari, dan harga'fermented bagasse pellet' bisa mencapai 2.000 per kg, bahkan potensi negara yang butuh produk ini seperti Jepang, Taiwan dan Korea," tuturnya.

Sebelumnya PTPN XI pada 2017 telah memproyeksikan kinerja laba bisa mencapai Rp86 miliar berdasarkan penghitungan prognosa September. Dan pada 2016 perseroan berhasil mencetak laba hingga Rp132 miliar.

Untuk total produksi gula PTPN XI pada 2016 tercatat mencapai 142.000 ton dengan rendemen tertinggi dari PG Assembagoes 7,08 persen. Tahun 2017 ditargetkan rendemen bisa mencapai 8,04 persen.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    PTPN XIII Hentikan Operasional 5 Pabrik Kelapa Sawit

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Manajemen PT Perkebunan Nusantara XIII menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk melakukan upaya penyehatan seiring memburuknya kinerja perusahaan beberapa tahun terakhir."Se

  • 4 bulan lalu

    PTN XI Tanam Tebu Giling di Bali

    SINGARAJA (EKSPOSnews): PT. Perkebunan Nasional (PTPN) XI PG Asem Bagus, Jawa Timur bersama belasan petani mulai melakukan penanaman perdana tebu giling di Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak Kabupat

  • 4 bulan lalu

    PTPN XI Gandeng 3 Perusahaan Revitalisasi Pabrik Gula

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara XI menggandeng tiga perusahaan, dua di antaranya dari perbankan nasional untuk mempercepat program revitalisasi pabrik gula yang dimiliki perusahaan ters

  • 7 bulan lalu

    PTPN XI Rangkul Usaha Kecil

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara XI menargetkan merangkul lebih banyak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada 2018, melalui program kemitraan bina lingkungan serta Corporate Social Responsi

  • 7 bulan lalu

    PTPN XI Genjot Produksi Tebu

    SURABAYA (EKSPOSnews): Perseroan terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) XI pada 2018 menargetkan peningkatan produksi hingga lima juta tebu Ton Cane Day (TCD), atau naik dari realisasi tahun 2017 sebesa

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99