Selasa, 24 Apr 2018

PTPN XI Jamin Pembayaran Pupuk Petani

Oleh: marsot
Kamis, 16 Nov 2017 00:11
BAGIKAN:
istimewa.
Pupuk.
JEMBER (EKSPOSnews): Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara XI menjamin pembayaran pupuk petani tebu karena pupuk merupakan hal vital bagi petani untuk meningkatkan produktivitas tanaman tebu.

"Kami menjembatani pemenuhan kebutuhan pupuk bagi petani tebu rakyat dengan membentuk distributor pupuk nonsubsidi di Jawa Timur yang terdiri atas enam kelompok petani tebu rakyat (KPTR) dan dua nonKPTR," kata Direktur Utama PTPN XI M. Cholidi saat menghadiri pencanangan peningkatan produktivitas tanaman tebu di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu 15 November 2017.

Selain itu, lanjut dia, pabrik gula dibawah manajemen PTPN XI juga menjamin kontrak pembayaran untuk penebusan pupuk yang dibayar dimuka, agar petani rakyat lebih mudah mengakses pupuk tanpa perlu membayar lebih dulu.

Langkah lainnya yang dilakukan PTPN XI yakni membantu pemenuhan modal bagi petani tebu rakyat dan PTPN XI bertindak sebagai "off taker" atas kredit komersial dari perbankan karena PTPN XI memiliki 16 unit pabrik gula, 1 unit pabrik karung Rosella baru dan 1 unit pabrik alkohol dan spiritus dengan wilayah kerja Jawa Timur.

"Ikatan itu dikuatkan dengan kontrak giling antara petani dengan pabrik gula dan sebagai jaminannya tebu yang dibiayai oleh perbankan dibantu pelunasannya melalui pemotongan pendapatan untuk mengangsur kredit," katanya.

Ia mengatakan proses tanam merupakan kunci keberhasilan produktivitas tebu karena dari lahan (on farm) potensi rendemen itu terbentuk, sehingga dalam rangka pengawasan tanam PTPN XI membuat sistem berbasis aplikasi.

"Kami menambahkan program paket layanan mekanisasi sebagai solusi percepatan pemupukan maupun penanaman yang tepat waktu dan tidak tergantung cairnya kredit, yakni dengan aplikasi go-traktor yg sedang diuji coba," tuturnya.

Sementara Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto mengatakan ada delapan distributor yang akan menyalurkan pupuk nonsubsidi untuk petani tebu di Jawa Timur dengan persediaan pupuk yang tidak terbatas.

"Bu Menteri BUMN sudah menyampaikan tidak ada kuota untuk pupuk nonsubsidi, sehingga berapapun permintaan petani tebu akan dipenuhi. Teknisnya kebutuhan pupuk petani akan dikomunikasikan dengan pabrik gula, sehingga distributor akan menyalurkan pupuk nonsubsidi tersebut di masing-masing wilayahnya," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    PTPN XI Gandeng 3 Perusahaan Revitalisasi Pabrik Gula

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara XI menggandeng tiga perusahaan, dua di antaranya dari perbankan nasional untuk mempercepat program revitalisasi pabrik gula yang dimiliki perusahaan ters

  • 3 bulan lalu

    PTPN XI Rangkul Usaha Kecil

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara XI menargetkan merangkul lebih banyak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada 2018, melalui program kemitraan bina lingkungan serta Corporate Social Responsi

  • 4 bulan lalu

    PTPN XI Genjot Produksi Tebu

    SURABAYA (EKSPOSnews): Perseroan terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) XI pada 2018 menargetkan peningkatan produksi hingga lima juta tebu Ton Cane Day (TCD), atau naik dari realisasi tahun 2017 sebesa

  • 4 bulan lalu

    PTPN XII Salurkan Kredit Kemitraan Peternak Sapi

    BANYUWANGI (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII menyalurkan kredit kemitraan kepada kelompok peternak sapi di sekitar Kebun milik PTPN XII di Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso di

  • 5 bulan lalu

    PTPN XI Salurkan Bantuan Bencana

    SURABAYA (EKSPOSnews): Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara XI menyalurkan bantuan korban bencana angin puting beliung di Sidoarjo serta banjir dan tanah longsor di Pacitan, Jawa Timur, sebesar Rp1

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99