Senin, 22 Jan 2018

PTPN XI Berupaya Tingkatkan Rendemen Tebu

Oleh: Marsot
Rabu, 14 Jun 2017 04:19
BAGIKAN:
istimewa
Panen Tebu.
SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI menargetkan bisa mencapai rendemen tinggi atau mencapai 8 persen pada akhir giling, tujuannya untuk menjadikan Jawa Timur sebagai lumbung gula nasional.

Direktur Utama PTPN XI, M Cholidi, di Surabaya, optimistis Jatim akan menjadi lumbung gula nasional, sebab sejumlah pabrik gula (PG) milik PTPN XI mulai akhir Mei 2017 sudah memasuki musim giling tebu.

Ia mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan untuk mencapai target produksi, karena dari catatan perseroan tahun 2016 telah menggiling tebu petani dan tebu dari lahan Hak Guna Usaha (HGU) sebanyak 5.106.563 ton sehingga mampu menghasilkan produksi gula kristal putih (GKP) mencapai 319.913,1 ton.

"Alhasil, hasil produksi gula perseroan saat itu merupakan terbesar kedua di Jawa karena telah berkontribusi 14,5 persen dari total produksi nasional," kata Cholidi, usai Media Update Industri Gula dan Buka Bersama PTPN XI, Selasa 13 Juni 2017.

Ia menargetkan, tahun 2017 perseroan akan kembali meningkatkan produksi gula menjadi 432.327 ton dari tebu yang digiling 5.490.006 ton, atau lebih tinggi dari capaian tahun 2016 sebesar 418.000 ton GKP.

"Untuk mencapai target tersebut, tentunya kita secara bersama-sama harus bisa mencapai rendemen tebu pada akhir giling yakni 8 persen," katanya.

Ia mengatakan, cara yang akan dilakukan untuk mengejar rendemen itu adalah mengubah pola kerja petani terutama pada sistem tebang, muat dan angkut, dengan membuat kesepakatan hanya akan menerima tebu yang bersih dan berkualitas bagus untuk digiling di pabrik.

"Ini dilakukan agar petani tidak menebang tebu dengan asal-asalan, masih kotor dan ada yang tingkat kemasakannya belum tepat sudah ditebang," katanya.

Selain itu, mengembangkan keragaman jenis produk gula yang bisa dikembangkan melalui upaya diversifikasi produk dari limbah tebu menjadi produk pupuk organik dengan menggandeng PT Pupuk Kujang.

"Kerja sama tersebut meliputi kerja sama penelitian dan pengembangan pupuk organik berbasis limbah tebu, dan rencananya produksi pupuk organik tersebut akan dilakukan di pabrik gula di Madiun dan satu pabrik di Probolinggo," katanya.

Diharapkan, kata dia, diversifikasi produk pupuk organik ini bisa bermanfaat bagi petani karena diyakini tanaman tebunya akan lebih berkualitas, dan unsur hara dalam tanah pun juga terjaga. Selain itu, biaya pemupukan petani dan harga pokok produksi (HPP) bisa ditekan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    PTPN XI Genjot Produksi Tebu

    SURABAYA (EKSPOSnews): Perseroan terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) XI pada 2018 menargetkan peningkatan produksi hingga lima juta tebu Ton Cane Day (TCD), atau naik dari realisasi tahun 2017 sebesa

  • 4 minggu lalu

    PTPN XII Salurkan Kredit Kemitraan Peternak Sapi

    BANYUWANGI (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII menyalurkan kredit kemitraan kepada kelompok peternak sapi di sekitar Kebun milik PTPN XII di Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso di

  • 2 bulan lalu

    PTPN XI Salurkan Bantuan Bencana

    SURABAYA (EKSPOSnews): Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara XI menyalurkan bantuan korban bencana angin puting beliung di Sidoarjo serta banjir dan tanah longsor di Pacitan, Jawa Timur, sebesar Rp1

  • 2 bulan lalu

    PTPN XI Jamin Pembayaran Pupuk Petani

    JEMBER (EKSPOSnews): Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara XI menjamin pembayaran pupuk petani tebu karena pupuk merupakan hal vital bagi petani untuk meningkatkan produktivitas tanaman tebu."Kami m

  • 2 bulan lalu

    PTPN XI Kembangkan Bisnis Edamame

    JEMBER (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI bekerja sama dengan PT Mitra Tani Dua Tujuh mengembangkan diversifikasi bisnis edamame.Terkait hal itu kedua perusahaan tersebut melakukan penand

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99