Kamis, 22 Feb 2018

PTPN XI Akan Genjot Produksi Gula

Oleh: alex
Jumat, 10 Nov 2017 09:51
BAGIKAN:
istimewa.
Gula.
SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara XI berencana meningkatkan kapasitas enam pabrik gula di lingkungannya pada 2018, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Dengan peningkatan kapasitas pabrik, ke depan produksi gula kita bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Harapannya pada tahun 2020 nanti produksi gula kita bisa mencapai 634.654 ton," kata Direktur Utama PTPN XI Moh Cholidi di Surabaya, Jumat 10 November 2017.

Ia mengatakan peningkatan kapasitas produksi enam pabrik tersebut masuk pada bagian rencana strategis perusahaan tahun ke depan. Sebelumnya, kata Cholidi, pada tahun 2017 PTPN XI telah melakukan upaya peningkatan kapasitas produksi gula di 3 Pabrik Gula (PG) yakni PG Djatiroto menuju 10.000 TCD, PG Assembagoes 6.000 TCD dan PG Semboro 7.500 TCD secara bertahap.

Sedangkan enam pabrik yang akan ditingkatkan pada 2018, Cholidi menyebutkan masing-masing PG Rejosari, PG Sudhono, PG Pagottan, PG Kedawung, PG Wonolangan, dan PG Pradjekan, dengan peningkatan menjadi 4.000 TCD.

"Peningkatan kapasitas pabrik itu kami lakukan secara bertahap hingga 2019," tuturnya.

Selain itu, rencana strategis lainnya adalah melakukan alih fungsi pabrik gula yang tidak efisien, di antaranya seperti PG Olean, PG Gending, PG Padjarakan, dan PG Wringinanom.

Alih fungsi dilakukan ketika kapasitas PG Assembagoes sudah ditingkatkan, sehingga tidak mengurangi pelayanan kepada petani dan kemampuan giling pasokan tebu yang ada.

"Saat ini yang sudah dilakukan alih fungsi adalah PG Kanigoro. Meski dilakukan alih fungsi, tapi produksi gula kami tetap ditingkatkan karena adanya revitalisasi pabrik PG Djatiroto dan PG Assembagoes melalui program Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp650 miliar, juga 6 PG lain," jelasnya.

Cholidi mengatakan, PTPN XI juga akan memperdulikan sumber daya manusia dengan memindahkan karyawan PG yang tidak aktif ke PG yang masih aktif serta melakukan seleksi bagi karyawan nontetap.

"Penataan formasi SDM termasuk penataan kompetensi karyawan juga akan dilakukan guna meningkatkan efisiensi kerja," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Polisi Amankan Gula Rafinasi

    CILACAP (EKSPOSnews): Tim Halilintar Wijayakusuma Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, mengamankan 20 ton gula rafinasi yang tidak dilengkapi dengan dokumen pendukung, kata Kepala Polres Cilacap Aju

  • 4 minggu lalu

    PTPN XI Rangkul Usaha Kecil

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara XI menargetkan merangkul lebih banyak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada 2018, melalui program kemitraan bina lingkungan serta Corporate Social Responsi

  • satu bulan lalu

    Uji Coba Lelang Gula Kristal

    JAKARTA EKSPOSnews): Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah melakukan uji coba pelaksanaan perdagangan gula kristal rafinasi (GKR) skala besar melalui pasar lelang komoditas pada 15-17 Januari 2018

  • satu bulan lalu

    Izin Impor Gula Mentah Dibuka

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kementerian Perdagangan (Kemendag) menerbitkan izin importasi "raw sugar" atau gula mentah sebanyak 1,8 juta ton untuk memenuhi kebutuhan industri makanan minuman dalam negeri pa

  • 2 bulan lalu

    PTPN XI Genjot Produksi Tebu

    SURABAYA (EKSPOSnews): Perseroan terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) XI pada 2018 menargetkan peningkatan produksi hingga lima juta tebu Ton Cane Day (TCD), atau naik dari realisasi tahun 2017 sebesa

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99