Senin, 24 Sep 2018

PTPN XI Akan Genjot Produksi Gula

Oleh: alex
Jumat, 10 Nov 2017 09:51
BAGIKAN:
istimewa.
Gula.
SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara XI berencana meningkatkan kapasitas enam pabrik gula di lingkungannya pada 2018, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Dengan peningkatan kapasitas pabrik, ke depan produksi gula kita bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Harapannya pada tahun 2020 nanti produksi gula kita bisa mencapai 634.654 ton," kata Direktur Utama PTPN XI Moh Cholidi di Surabaya, Jumat 10 November 2017.

Ia mengatakan peningkatan kapasitas produksi enam pabrik tersebut masuk pada bagian rencana strategis perusahaan tahun ke depan. Sebelumnya, kata Cholidi, pada tahun 2017 PTPN XI telah melakukan upaya peningkatan kapasitas produksi gula di 3 Pabrik Gula (PG) yakni PG Djatiroto menuju 10.000 TCD, PG Assembagoes 6.000 TCD dan PG Semboro 7.500 TCD secara bertahap.

Sedangkan enam pabrik yang akan ditingkatkan pada 2018, Cholidi menyebutkan masing-masing PG Rejosari, PG Sudhono, PG Pagottan, PG Kedawung, PG Wonolangan, dan PG Pradjekan, dengan peningkatan menjadi 4.000 TCD.

"Peningkatan kapasitas pabrik itu kami lakukan secara bertahap hingga 2019," tuturnya.

Selain itu, rencana strategis lainnya adalah melakukan alih fungsi pabrik gula yang tidak efisien, di antaranya seperti PG Olean, PG Gending, PG Padjarakan, dan PG Wringinanom.

Alih fungsi dilakukan ketika kapasitas PG Assembagoes sudah ditingkatkan, sehingga tidak mengurangi pelayanan kepada petani dan kemampuan giling pasokan tebu yang ada.

"Saat ini yang sudah dilakukan alih fungsi adalah PG Kanigoro. Meski dilakukan alih fungsi, tapi produksi gula kami tetap ditingkatkan karena adanya revitalisasi pabrik PG Djatiroto dan PG Assembagoes melalui program Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp650 miliar, juga 6 PG lain," jelasnya.

Cholidi mengatakan, PTPN XI juga akan memperdulikan sumber daya manusia dengan memindahkan karyawan PG yang tidak aktif ke PG yang masih aktif serta melakukan seleksi bagi karyawan nontetap.

"Penataan formasi SDM termasuk penataan kompetensi karyawan juga akan dilakukan guna meningkatkan efisiensi kerja," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Mabes Polri Kembangkan Kasus Perembesan Gula Rafinasi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Mabes Polri terus mengembangkan kasus perembesan gula rafinasi yang seharusnya untuk industri namun dijual ke pasaran pascapenahanan satu tersangka yang berinisial KPW."Sampai se

  • 2 minggu lalu

    PTPN XI Gandeng Peruri

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI dan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) menandatangani perjanjian kerja sama untuk menyalurkan dana kemitraan senilai Rp4,5 milia

  • 2 minggu lalu

    Kapal Penyelundup Gula Pasir Malaysia Ditangkap

    NUNUKAN (EKSPOSnews): Aparat Kepolisian Air Kepolisian Daerah Kalimantan Utara menangkap kapal pengangkut puluhan ton gula pasir di Perairan Indonesia di Kabupaten Nunukan pada Rabu (5/9) sekitar puku

  • 2 minggu lalu

    PTPN XI Masuk Pasar Ritel Gula

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mulai merambah pasar ritel Indonesia dengan peresmian produk gula ritel di Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru, Kediri, Jawa Timur, dengan merek dag

  • 3 minggu lalu

    Petani Adukan Peredaran Gula Rafinasi ke Bareskrim Polri

    JAKARTA (EKSPOSnews): Petani tebu yang bernaung di bawah Andalan Petani Tebu Indonesia (Aptri), mengadukan peredaran gula kristal rafinasi (GKR) ke pasar yang berasal dari tiga perusahaan kepada Bares

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99