Sabtu, 23 Mar 2019

PTPN X Adakan Pelatihan Petani Tebu

Oleh: marsot
Senin, 26 Nov 2018 17:56
BAGIKAN:
istimewa.
Petani tebu.
KEDIRI (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menggandeng PT Pertamina (Persero) mengadakan kegiatan pelatihan petani tebu milenial sebagai upaya membekali mereka dengan manajemen serta budi daya tanaman tebu terutama pada petani muda.

"Pelatihan ini merupakan salah satu wujud sinergi BUMN antara PTPN X dengan PT Pertamina (Persero), dimana kami sangat fokus untuk meningkatkan pengetahuan mengenai budi daya tebu khususnya kepada petani-petani muda," kata Kepala Bidang Sekretaris Perusahaan dan PKBL PTPN X Soekamto Partowidjojo di Kediri, Jawa Timur, Senin 26 November 2018.

Dengan pelatihan tersebut para petani tebu dibekali mengenai budi daya tanaman tebu, mulai dari peluang dan potensi bisnis tebu, mekanisasi tebang muat angkut (TMA), hingga penerapan "core sampler" dan "e-Farming" guna peningkatan produktivitas tebu.

"Para peserta juga diajak melihat secara langsung peragaan mekanisasi "core sampler", peragaan "fertilizer applicator", hingga peragaan olah tanam dalam dengan subsiler di lahan HGU Djengkol Kediri," kata dia.

PTPN X selalu berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan "on farm", salah satunya melalui pembinaan para petani di masing-masing wilayah pabrik gula di bawah PTPN X melalui pelatihan milenial, termasuk yang diselenggarakan ini.

Selain melalui pelatihan, upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada petani juga dilakukan melalui penerapan mekanisasi. Proses ini sudah dilakukan sejak 2011 dan kini secara bertahap mengarah pada penerapan mekanisasi penuh. Penerapan mekanisasi ini bertujuan untuk membuat pekerjaan "on farm" lebih efektif dan efisien serta meningkatkan produktivitas tebu.

Sementara itu, Ketua DPD APTRI PTPN X Mubin mengatakan pelatihan ini tentunya bermanfaat. Ia ingin agar para para petani tebu dari generasi muda menjadi lebih bersemangat dalam budi daya tanaman ini, sehingga bisa meningkatkan produktivitas tanaman tersebut.

"Kami ingin pola pikir dan pembinaan bisa lebih ditingkatkan sehingga bisa meningkatkan produktivitas. Pola pikir itu 'on farm' mengenai bibit, jarak, apalagi mengenai sarana produksi yakni pemupukan tepat waktu. Mudah-mudahan ke depan ada perubahan signifikan, kebutuhan dalam negeri bisa terpenuhi," katanya.

Kegiatan ini diikuti oleh 75 orang petani muda binaan sembilan pabrik gula kelolaan PTPN X yakni di Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, hingga Tulungagung. Para peserta mengikuti kegiatan selama dua hari, dengan pemberian materi serta praktik lapangan.

Dalam acara itu, selain dihadiri petinggi dari PTPN X, juga dari Pertamina, dan sejumlah nara sumber lainnya. Kegiatan pembukaan tersebut berlangsung dengan lancar dan setelah pembukaan langsung materi.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • kemarin

    PT Perkebunan Nusantara XI Kaji Hasil Penelitian Bidang Perkebunan

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI siap mengkaji 19 hasil penelitian di bidang perkebunan yang dilakukan oleh empat ahli peneliti dari pusat penelitian PTPN XI yang dilakukan sel

  • satu bulan lalu

    PTPN X Bagikan Bibit Unggul

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X membagikan sebanyak 254,5 ton bibit unggul dengan nilai subsidi Rp165.470.500 kepada 30 orang petani di 14 desa dan 6 kecamatan di Kabupaten Lam

  • 4 bulan lalu

    PTPN X Bina Petani Muda

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) melakukan pembinaan petani muda di enam daerah, yakni Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri d

  • 4 bulan lalu

    PTPN X Manfaatkan Limbah Bioetanol

    KEDIRI (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X memanfaatkan limbah bioetanol untuk diolah menjadi produk pupuk cair yang mampu menyuburkan tanah serta tanaman tebu, sehingga bisa digunakan seba

  • 6 bulan lalu

    PTPN X Gunakan Penyertaan Modal Negara

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X akan menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp975 miliar untuk memperkuat sektor off farm beserta bisnis hilirnya dan pengembang

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99