Rabu, 15 Agu 2018

PTPN IV Resmi Miliki Sertifikat HGU

Oleh: master sihotang
Sabtu, 21 Apr 2018 04:37
BAGIKAN:
istimewa.
Komisi A DPRD Sumut.
MEDAN (EKSPOSnews): PTPN IV Kebun Adolina berstatus resmi. Hal itu  berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Republik Indonesia tanggal 7 Desember 2009 dengan No. 163/HGU/BPNRI/2009 tentang Pemberian Pembaharuan HGU, PTPN IV yang berada di atas tanah seluas 957,19 hektare di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara.

Kantor Pertanahan Deli Serdang telah menerbitkan Sertifikat HGU Nomor 172 Desa Bangun Purba tertanggal 28 Desember 2009 dan berakhir haknya pada tanggal 27 Desember 2034, demikian disampaikan Jimmy LW Silalahi selaku Kabag Hukum dan Pertanahan, mewakili Direksi PTPN IV, ketika menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi A DPRD-SU di ruang rapat Komisi A DPRD-SU, pekan ini.

RDP Komisi A DPRD-SU tersebut dihadiri oleh perwakilan dari kantor Bupati Deli Serdang, Biro Pemerintahan Setdaprovsu, Camat Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang, PTPN IV, Kanwil BPN Provsu, BPN Deli Serdang, dan Kelompok Tani Batu Kober Kabupaten Deli Serdang.

Sementara dari Komisi A DPRD-SU hadir Ketua M. Nezar Djoeli, Wakil Ketua Muhri Fauzi Hafiz, Anggota Brilian Moktar dan Kuasa Hukum Kelompok Tani Batu Kober.

Di bagian lain penjelasannya, Jimmy LW Silalahi menuturkan secara kronologis riwayat tanah itu mulai dari sengketa lahan pada 2007. Pada saat pengajuan perpanjangan HGU 2009 sengketa itu telah diselesaikan sehingga PTPN IV tidak melakukan penyerobotan lahan masyarakat. Sementara berdasarkan Surat Keputusan Kepala BPN RI No. 163/HGU/BPNRI/2009, terlihat tidak ada klausul yang menyebutkan adanya penangguhan pemberian areal kepada PTPN IV yang disebabkan oleh sengketa lahan di areal Kampung Batu Kober Desa Bangun Purba, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang.

Perwakilan dari Kantor BPN Provinsi Sumatra Utara dan BPN Deli Serdang menjelaskan secara runtut sejak tanah yang dimohon HGU masih berupa tanah perkebunan bekas konsesi Bangun Purba yang tercatat atas nama Sandilands Buttery & Co, dan telah dikembalikan kepada Pemerintah dalam rangka konvensi hak-hak konsesi menurut UUPA.

Tindak lanjutnya, HGU diberikan kepada PT Sari Tugas untuk jangka waktu 25 tahun. Hasil risalah Lelang Kantor Lelang Negara Medan menyatakan, seluruh Kebun Bangun Purba atas nama PT Sari Tugas beserta inventaris barang-barang dan tanamannya diserahkan kepada PTPN IV yg dulu bernama PTP VI.

Sebelumnya Kuasa Hukum Masyarakat Kampung Batu Kober Kapten Panjaitan meminta kepada PTPN IV untuk memberikan fotokopi SK HGU, peta bidang tanah, laporan keuangan, dan meminta supaya diadakan pengukuran ulang dengan menghadirkan instansi yang berwenang, termasuk masyarakat Batu Kober yang mengklaim tanah/lahan garapan seluas kurang lebih 75 hektare itu.

Namun setelah mendengar berbagai penjelasan dari masing-masing peserta RDP, M. Nezar Djoeli Ketua Komisi A DPRD-SU mengatakan bahwa masyarakat yang hadir tidak dapat menunjukkan legal aspek atas kepemilikan lahan dan Kartu Register Pendaftaran Tanah (KRPT) yang ditunjukkan diragukan keasliannya.

Lebih lanjut M. Nezar Djoeli dalam kesimpulannya menyebutkan bahwa lembaga legislatif bukan mengambil keputusan atas RDP ini, namun mencari jalan keluar permasalahan yang ada antara pihak yang bersengketa. Untuk itu RDP sementara diskor sampai waktu yang tidak ditentukan, sembari menunggu jawaban tertulis yang telah disampaikan Komisi A DPRD-SU kepada masing-masing peserta RDP.


  Berita Terkait
  • kemarin

    Jaksa Tak Bisa Buktikan Kerugian Negara karena Penjualan Eks HGU

    MEDAN (EKSPOSnews): Jaksa Penuntut Umum dinilai tidak dapat membuktikan adanya kerugian negara, dalam perkara pengalihan aset seluas 105 hektare milik PTPN II, atas kasus terdakwa Tamin Sukardi."Terda

  • 7 hari lalu

    Karyawan PTPN IV Ikuti Sosialisasi BPJS Kesehatan

    MEDAN (EKSPOSnews): Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PTPN IV Rizal H. Damanik mengucapkan selamat datang kepada Kepala Cabang BPJS Medan Ari Dwi Aryani beserta jajarannya di PTPN IV Medan dalam r

  • 4 minggu lalu

    Kejaksaan Agung Perintahkan Direksi PTPN II Batalkan SK Penghapusan Eks HGU

    MEDAN (EKSPOSnews): Penyidik Kejaksaan Agung diduga telah memerintahkan Direktur Utama PTPN II Teten Jaka agar membatalkan Surat Keputusan Persetujuan Penghapusbukuan lahan seluas 106 hektare eks hak

  • 2 bulan lalu

    PTPN IV Catat Laba Tahun 2017 Sebesar Rp742 miliar

    MEDAN (EKSPOSnews): Manajemen PTPN4 mengucapkan terimakasih atas kerja keras dan kerjasama seluruh unsur pimpinan, karyawan/ karyawati dan keluarga besar  PTPN4 sehingga laba PTPN4 posisi audited

  • 2 bulan lalu

    PTPN IV Cairkan Bonus, Mudik Jadi Asyik!

    MEDAN (EKSPOSnews): Sejumlah karyawan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Medan mendapat guyuran bonus dari jajaran manajemen pas menjelang Idul Fitri. Bonus yang diambil dari laba perusahaan tahun lalu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99