Kamis, 25 Mei 2017

PTPN IV Raih Green Award 2017

Oleh: Master Sihotang
Jumat, 05 Mei 2017 03:50
BAGIKAN:
istimewa
PTPN4 raih Green Award 2017.
MEDAN (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara IV sebagai salah satu anak perusahaan BUMN Perkebunan yang bergerak di bidang agro industri, dalam kiprahnya senantiasa menjaga bumi dan lingkungan sekitar, meraih penghargaan terbaik dalam event Indonesia Green Awards  (IGA) 2017 untuk dua kategori yakni, "Mengembangkan Keanekaragaman Hayati" dan "Menghemat Energi dan Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan" dari Dirjen Lingkungan Hidup & Kehutanan RI serta Dirjen ESDM RI di hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
    
Penghargaan itu diterima langsung oleh Kabag Perencanaan Strategis PTPN IV Aida Farida Hasibuan dan Manajer Kebun Pasir Mandoge PTPN IV Erry Sukartono Surasno di Jakarta.
   
IGA 2017 merupakan penghargaan lingkungan tahunan yang telah memasuki penyelenggaraan ke-8. Pada tahun ke-8 ini, IGA mensyaratkan setiap inisiatif merupakan "Cerita Perubahan". Setiap perusahaan diharuskan untuk menceritakan sebelum dan sesudah inisiatif atau inovasi itu dilakukan dan dampak positif yang dirasakan.
   
Penghargaan mengembangkan keanekaragaman hayati merupakan inisiatif mempertahankan dan merestorasi keanekaragaman hayati, baik ekosistem laut, rawa maupun darat, agar mata rantai kehidupan alam belangsung normal, sedangkan menghemat energi dan penggunaan energi baru dan terbarukan merupakan penghematan yang signifikan dan atau dilakukan sebagai upaya mengganti energi fosil.
   
Dalam hal ini, PTPN IV melalui pelestarian kawasan rawa dan mata air adalah keberlanjutan ekosistem dan keberagaman hayati (flora dan fauna), serta memberikan kenyamanan bagi seluruh pemangku kepentingan, seperti masyarakat sekitar yang memperoleh jaminan ketersediaan sumber air, peningkatan ekonomi masyarakat dan dampak tidak langsung lainnya berupa lingkungan yang asri dan sehat.
   
Berdasarkan pengalaman pelestarian keanekaragaman hayati yang telah dilakukan di Kebun Gunung Bayu, maka untuk masa yang akan datang, program ini akan menjadi cikal bakal dalam upaya mengoptimalisasikan aset sumber daya alam di PTPN IV, karena dapat didayagunakan sebagai objek wisata yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan meningkatkan image perusahaan.
   
Selain itu, program pembangkit listrik tenaga Palm Oil Mill Effluent (POME) Biogas di Kebun Pasir Mandoge bertujuan untuk memasok kebutuhan listrik dengan memanfaatkan limbah cair kelapa sawit atau POME, sehingga proses dari program pembangkit listrik tenaga POME dapat mengurangi dampak lingkungan bagi PKS sekaligus menghasilkan energi baru yang terbarukan.
   
Kami berterimakasih kepada The La Tofi School of CSR atas penghargaan ini. Inovasi hijau kami tentunya tidak hanya memberikan dampak baik bagi lingkungan, namun juga memberikan dampak baik bagi sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia. Sebagai perusahaan besar, kami memiliki tanggung jawab besar untuk terus memberikan produk berkualitas terbaik dan melahirkan inovasi-inovasi hijau dimasa yang akan datang, sebut Kasubag Komunikasi dan Hubungan Eksternal Syahrul Aman Siregar.
 

  Berita Terkait
  • 10 jam lalu

    PTPN IV Tutup MTQ Tahun 2017, Ini Daftar Para Pemenang

    BAH JAMBI (EKSPOSnews): Saya berharap Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) se PTPN IV tahun 2017 yang telah kita laksanakan ini, hendaknya menjadi acuan untuk masa yang akan datang, dan dapat menjadi

  • 3 hari lalu

    Direksi PTPN IV Menyambut Baik Penyelenggaraan MTQ

    MEDAN (EKSPOSnews): Manajemen PTPN IV menyambut baik atas pelaksanaan kembali Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) PTPN IV ini, sepertinya ada sesuatu yang hilang dari dalam diri kita, mengapa hal in

  • 6 hari lalu

    PTPN IV Rayakan Isra Mikra

    MEDAN (EKSPOSnews): Isra' Mikra' merupakan peristiwa luar biasa yang terjadi pada diri Rasulullah, agar umatnya mengerjakan sholat lima waktu, dan berbeda dengan ibadah lainnya, demikian dik

  • 4 minggu lalu

    PTPN IV Peduli Kemanusiaan di Kutacane

    MEDAN (EKSPOSnews):PT Perkebunan Nusantara  IV sebagai salah satu anak perusahaan BUMN Perkebunan, turut serta memberikan bantuan kepada korban bencana alam banjir bandang di Kabupaten Aceh Tengg

  • 4 minggu lalu

    Simulasi Kebakaran di Kantor Direksi PTPN IV Medan

    MEDAN (EKSPOSnews): Suasana tenang di Kantor Direksi PTPN IV yang terletak di Jl Letjend Suprapto No.2 Medan, Rabu 26 April 2017 tiba-tiba menjadi gaduh, karena seluruh karyawan yang berjumlah 500 ora

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak