Sabtu, 30 Mei 2020

PTPN IV Alokasikan Anggaran Rp100 miliar Bangun Rumah Karyawan

Oleh: master sihotang
Jumat, 29 Mar 2019 22:43
BAGIKAN:
istimewa.
Siwi Peni, Dirut PTPN IV Medan.
ADOLINA (EKSPOSnews): PTPN IV akan membangun 540 rumah dinas karyawan di seluruh kebun/pabrik di lingkungan perusahaan itu untuk meningkatkan kenyamanan para pekerja dengan alokasi anggaran sebesar Rp100 miliar.

"Pembangunan rumah untuk menggantikan rumah dinas nonpermanen dan semi permanen," ujar Direktur Utama PTPN IV Siwi Peni di Kebun Adolina, Kabupaten Serdangbedagai, Sumut, Jumat 29 Maret 2019.

Menurut dia, sekitar 20 persen rumah dinas yang ditempati karyawan saat ini masih ada yang dibangun pada zaman tempo dulu. Masih ada rumah dinas karyawan, kata dia, terdiri dari dinding papan dan non permanen. Kami petakan dulu. Nanti akan dibangun secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia," tuturnya.

Siwi Peni mengatakan, dana pembangunan rumah dinas karyawan berasal dari anggaran perusahaan yang dihitung sebagai bentuk investasi. Pengerjaannya, kata dia, diserahkan ke vendor berpengalaman dengan memerhatikan kualitas bangunan. "Kita utamakan vendor berpengalaman dari daerah dimana rumah karyawan itu dibangun," ujarnya.

Dia menegaskan pembangunan rumah karyawan itu sudah direncanakan sejak direksi PTPN IV menjabat pada akhir 2017, namun baru bisa dimulai tahun 2019 ini," katanya.
;
Dia mengakui, di awal bekerja atau tahun 2018 , direksi menjalankan program yang terkait dengan peningkatan produksi PTPN IV seperti perbaikan infrastruktur jalan, pabrik kelapa sawit dan sarana prasarana lainnya.

Setelah kinerja keuangan semakin membaik yang didorong.kenaikan produksi dan produktivitas, maka pembangunan rumah di tahun 2019 bisa dilakukan bersama - sama dengan program upaya peningkatan produksi yang sudah dilakukan di tahun 2018.

"Targetnya semua rumah karyawan bisa permanen sehingga karyawan semakin sejahtera. Cuma saja, kata dia, waktu itu jajaran direksi masih memprioritaskan infrastuktur untuk mendukung peningkatkan produksi perkebunan yang mengelola tanaman sawit dan teh.

Sesuai arahan Menteri BUMN Rini M Soemarno kepada direksi, lanjutnya, sebagian dana perusahaan harus digunakan untuk membangun rumah yang layak huni kepada karyawan agar karyawan nyaman bekerja sehingga mampu meningkatkan kinerja secara maksimal.

Siwi berharap semua karyawan ikut mengawasi vendor yang membangun rumah nantinya sesuai dengan yang diharapkan.

Kabag Teknik PTPN IV Edi Barus menjelaskan rumah per dua unit berbiaya Rp355 juta. Rumah dengan atap rangka baja dan lantai keramik. "Setiap tahun modelnya akan berbeda. Sudah kami desain sesuai dengan perkembangan," ujarnya.

Bupati Kabupaten Serdangbedagai Soekirman mengapresiasi pembangunan rumah karyawan yang dilakukan PTPN IV. "Kami menyambut baik program PTPN IV membangun rumah karyawan. Kami juga minta agar Pabrik Pamina Adolina bisa dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat. Lokasinya sangat cocok dan masih memungkinkan untuk dijadikan lokasi pertemuan dan pesta," kata mantan ketua salah satu lembaga sosial masyarakat itu. 

  Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    Ribuan Masyarakat Hadiri Puncak Acara PTPN IV

    Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN), kali ini di tahun 2019 memberi kepercayaan kepada PTPN IV sebagai Person In Charge (PIC) bersama BUMN lain sebagai Co PIC PT Kawasan In

  • 10 bulan lalu

    698 Ekor Hewan Qurban dari PTPN IV

    MEDAN (EKSPOSnews); Keluarga Besar PTPN IV qurbankan 698 ekor hewan qurban, terdiri dari 489 ekor sapi dan 209 ekor kambing, yang berasal dari keluarga besar PTPN IV mulai dari afdeling, emplasemen, k

  • 11 bulan lalu

    Ribuan Pelanggaran Tilang Elektronik di Jakarta

    JAKARTA (EKSPOSnews): TMC Polda Metro Jaya menyebutkan sebanyak 1.134 pelanggaran terekam kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) selama sepekan penerapannya di Jakarta

  • 12 bulan lalu

    IKBI PTPN IV Peduli Masyarakat Sekitar

    MEDAN (EKSPOSnews): Yubaidah, Ketua Ikatan Keluarga Besar Isteri (IKBI) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) mengatakan, "Di bulan yang baik ini, kami dari pengurus IKBI PTPN IV memberikan santunan ra

  • tahun lalu

    PTPN IV Siapkan Tiket Mudik Gratis Idul Fitri 1440 H

    MEDAN (EKSPOSnews); Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019 ini, PTPN IV menyediakan program mudik bareng gratis, untuk melayani masyarakat yang ingin mudik pada momentum libur lebaran

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99