Minggu, 25 Jun 2017

PTPN III Benahi KEK Sei Mangkei

Oleh: Alex
Kamis, 18 Mei 2017 05:14
BAGIKAN:
marsot
Dirut PTPN III Dasuki Amsir.
JAKARTA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara III (Persero) sebagai badan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei di Sumatera Utara, mendorong pembenahan fasilitas infrastruktur maupun pelayanan kepada investor di wilayah tersebut.

"PTPN III akan berkomitmen dan berupaya untuk melengkapi fasilitas infrastruktur di Sei Mangkei dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelaku usaha di dalam kawasan," kata Direktur Utama PTPN III Dasuki Amsir seusai menghadiri serah terima operasional aset pemerintah di Gedung Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Ia menjelaskan upaya pembenahan fasilitas dan pelayanan itu untuk mewujudkan visi dari KEK Sei Mangkei, yaitu menjadi kota industri modern yang berdaya saing tinggi dan berwawasan lingkungan melalui pengembangan sumber daya alam lokal secara optimal.

Untuk itu, ia memastikan serah terima operasional aset pemerintah berupa jalan poros, "tank farm dan dry port" tersebut, dilakukan agar KEK Sei Mangkei yang saat ini telah mendapatkan komitmen investasi sebesar Rp10,1 triliun bisa bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

Hingga 2031 diestimasikan peningkatan investasi di KEK Sei Mangkei mencapai Rp134,1 triliun yang berupa pengembangan infrastruktur kawasan senilai Rp5,1 triliun dan investasi dari investor senilai Rp129 triliun, dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 83.304 orang.

Manfaat dari pengembangan KEK Sei Mangkei adalah menjadi solusi bagi pengembangan industri dan logistik sehingga mampu meningkatkan ekspor nasional serta meningkatkan perekonomian daerah, khususnya Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

Saat ini, katanya, karena memiliki lokasi yang strategis, KEK Sei Mangkei juga menjadi pusat pengembangan industri hilir kelapa sawit dan karet dalam skala besar, bahkan hingga tingkat internasional.

Pada kesempatan yang sama, juga ditandatangani nota kesepahaman antara PT Perkebunan Nusantara III (Persero) dengan PT Alternative Protein lndonesia (PT API) yang merupakan calon investor di KEK Sei Mangkei.

PT API akan melakukan pembangunan Insect Bio Reactor (IBR) untuk pengembangbiakan serangga "Black Soldier Fly" yang akan menghasilkan produk protein alternatif sebagai bahan pakan ternak (feed) dan bahan pangan di Indonesia.

PT API merupakan anak perusahaan Alternative Protein Corporation yang berkedudukan di Hongkong dan berencana mengembangkan produk protein alternatif di lndonesia dengan total investasi kurang lebih 500 juta dolar AS di Sei Mangkei.

Perusahaan itu juga menyiapkan empat miliar dolar AS yang direncanakan untuk 5 tahun ke depan berbentuk Foreign Direct Investment guna membangun 25 IBR di seluruh Indonesia dengan kebutuhan "feedstock" sekitar 2,5 juta ton per tahun.

PT Perkebunan Nusantara III dipilih sebagai mitra karena BUMN itu merupakan perusahaan perkebunan terbesar di Indonesia yang memiliki potensi "feedstock" untuk menunjang pengembangan industri protein alternatif.

Di KEK Sei Mangkei, PT API akan membangun lima IBR (dari 25 IBR yang direncanakan) di atas lahan seluas 51 hektare dengan kebutuhan "feedstock" berupa tandan kosong kelapa sawit kurang lebih 572 ribu ton per tahun dan Palm Kernel Meal (PKM) kurang lebih 300 ribu ton per tahun.

Menurut rencana, proses pembangunan dari proyek PT API ditargetkan mulai Juli 2017 sehingga dapat beroperasi pada Februari 2019.

Dengan adanya proyek itu, berbagai manfaat yang didapatkan PTPN III adalah penerimaan pendapatan dari penggunaan lahan di KEK Sei Mangkei, pendapatan dari penjualan tandan kosong kelapa sawit dan PKM.

Manfaat bagi negara, selain peningkatan nilai investasi, adalah adanya pengembangan industri protein alternatif yang bisa menyerap lebih dari 10.000 pekerja, sehingga Indonesia bisa menjadi pemimpin global di bidang protein alternatif.

Investasi di Sei Mangkei diharapkan menjadi langkah pertama untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat sains, research and development (R&D), pengembangan teknologi dan produk serangga baru di bidang pakan, makanan, farmasi, dan pupuk biologi.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    PTPN III Tutup Kegiatan Safari Ramadhan

    MEDAN (EKSPOSnews): Menghadapi bulan suci Ramadhan yang jatuh pada Juni tahun 2017 ini, PTPN III (Persero) telah melaksanakan kegiatan safari Ramadhan dalam rangka meningkatkan ketakwaan kepada Allah

  • satu bulan lalu

    PTPN III Dukung Implementasi ERP

    MEDAN (EKSPOSnews): PTPN III (Persero) kembali menunjukkan kesungguhannya dalam mengimplementasikan Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis SAP Platform dalam menjalankan proses bisnis perusahaan.

  • 2 bulan lalu

    Dukung Implementasi ERP, PTPN III Adakan Pelatihan di Sei Karang

    SEI KARANG (EKSPOSnews): Dihadiri SEVP Bidang SDM dan Umum, Trainer Key User dari Konsultan ERP PT. Telkom Indonesia,  Kepala Biro dan Bagian, Project Manajer dan OCM Leader ERP PTPN III, Distrik

  • 6 bulan lalu

    DANA KEMITRAAN DARI PTPN III MEDAN

    PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III Medan pada kwartal IV/2016 menyalurkan dana kemitraan sekitar Rp9 miliar kepada ratusan mitra binaan. Dana tersebut adalah pinjaman yang harus dikembalikan kepada

  • 9 bulan lalu

    PTPN III Holding Aplikasikan Solusi ERP

    JAKARTA (EKSPOSnews): PTPN III Holding mengaplikasikan solusi Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis SAP di seluruh perusahaan perkebunan milik negara PTPN I-PTPN XIV, untuk meningkatkan kiner

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak