Rabu, 22 Nov 2017

PTPN Akan Bangkitkan Pergulaan Nasional

Oleh: alex
Jumat, 10 Nov 2017 06:41
BAGIKAN:
istimewa.
Gula.
JEMBER (EKSPOSnews): Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia bersama PT Perkebunan Nusantara X, PTPN XI, PTPN XII, perbankan dan produsen pupuk menggelar pertemuan untuk mewujudkan kebangkitan pergulaan nasional di lahan kebun tebu PTPN XII di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Pertemuan di depan Bandara Notohadinegoro yang merupakan lahan tebu PTPN XII merupakan momentum untuk kebangkitan pergulaan nasional karena dihadiri oleh tiga direktur utama PTPN X, PTPN XI, PTPN XII, perbankan, perwakilan petani dan produsen pupuk untuk duduk bersama membahas persoalan petani tebu," kata Ketua Dewan Pembina Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Arum Sabil, Kamis 9 November 2017.

Menurut dia, kendala yang dihadapi petani tebu, yakni masalah pembiayaan terkait dengan pemberian kredit dan ketersediaan pupuk, sehingga pihaknya melakukan konsolidasi dan bersinergi dengan semua pihak yang berada di bawah BUMN untuk mengatasi hal tersebut.

"Petani masih sulit mendapatkan pupuk tepat waktu dan juga permodalan petani masih menjadi masalah karena ada pembatasan hanya petani yang memiliki luas lahan 2 hektare saja yang mendapat bantuan, sehingga diharapkan ada solusi untuk itu," tuturnya.

Ia berharap ada skema khusus untuk persoalan permodalan usaha pertanian tebu yang didapat dengan mudah melalui pemberian kredit komersial kepada petani tebu dengan menggunakan sistem avalis (PTPN menjadi penjaminnya).

"Kalau ladang tebu dipelihara dengan baik dengan adanya permodalan dari pihak perbankan, pupuknya tepat waktu dan varietasnya bagus maka produktivitas tanaman tebu bisa mencapai 100 hingga 150 ton per hektare sehingga bisa mewujudkan swasembada gula," ujarnya.

Direktur Utama PTPN X Dwi Satrio Annurogo, Direktur Utama PTPN XI Mochamad Cholidi dan Direktur PTPN XII Berlino Mahendra Santosa juga mendukung peningkatan produktivitas tanaman tebu untuk mewujudkan swasembada gula di Indonesia dengan melakukan sinergi dan kerja sama sejumlah pihak.

Sementara CEO BNI Kanwil Malang Yessy Kurnia mengatakan, ada dua pola pembiayaan yang dikucurkan kepada para petani tebu, yakni kredit usaha rakyat (KUR) melalui program pemerintah dan pembiayaan kredit komersial.

"Total pembiayaan KUR yang dikucurkan BNI kepada petani baik itu petani padi maupun petani tebu hingga akhir Oktober 2017 mencapai Rp580 miliar, sehingga diharapkan tahun depan semakin banyak petani tebu yang mendapatkan kredit untuk meningkatkan produktivitasnya," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    PTPN XI Jamin Pembayaran Pupuk Petani

    JEMBER (EKSPOSnews): Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara XI menjamin pembayaran pupuk petani tebu karena pupuk merupakan hal vital bagi petani untuk meningkatkan produktivitas tanaman tebu."Kami m

  • 7 hari lalu

    PTPN XI Kembangkan Bisnis Edamame

    JEMBER (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI bekerja sama dengan PT Mitra Tani Dua Tujuh mengembangkan diversifikasi bisnis edamame.Terkait hal itu kedua perusahaan tersebut melakukan penand

  • satu minggu lalu

    Kejaksaan Usut Penerbitan SKT di Lahan HGU PTPN II

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Negeri Deliserdang melakukan pengusutan kasus penerbitan Surat Keterangan Tanah yang diterbitkan oknum Kepala Desa Sampali, diatas lahan Hak Guna Usaha milik perkebunan P

  • satu minggu lalu

    Perlakuan Terhadap Tenaga Kesehatan PTPN III Sesuai Kesepakatan Awal

    MEDAN (EKSPOSnews): Perlakuan yang diterapkan oleh PTPN III (Persero) terhadap tenaga kesehatan yang terdiri dari sembilan dokter dan satu apoteker tetap akan mengikuti kesepakatan awal yang telah dib

  • 2 minggu lalu

    PTPN XI Akan Genjot Produksi Gula

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara XI berencana meningkatkan kapasitas enam pabrik gula di lingkungannya pada 2018, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat."Dengan peningkatan kapasi

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99