Kamis, 19 Sep 2019

PTPN 2 Tutup Pabrik Gula Sei Semayang karena Rugi

Senin, 20 Jun 2016 18:35
BAGIKAN:
MEDAN (EKSPOSnews): Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) 2 terpaksa menutup pabrik yang memproduksi gula di Provinsi Sumatera Utara karena tidak memberikan keuntungan.

Dalam rapat dengan Komisi B DPRD Sumatera Utara di Medan,  Direktur SDM PTPN 2 Kamaruzzaman mengatakan, pihaknya selama ini mengelola dua pabrik gula dengan produksi 4.000 ton per hari.

Namun disebabkan operasionalnya kurang menguntungkan, PTPN 2 terpaksa menutup salah satu pabrik pengolahan gula yang berlokasi di kawasan Sei Semayang, Kabupaten Deli Serdang tersebut.

Kondisi itu disebabkan PTPN 2 kesulitan tebu sebagai bahan baku yang diawali kurangnya minat masyarakat menanam tebu.

Kondisi itu diperparah dengan adanya penjarahan areal perkebunan PTPN 2 sehingga lahan untuk penanaman tebu semakin berkurang.

"Kalau arealnya cukup, sebetulnya (pabrik gula itu) tidak perlu ditutup," katanya, Senin 20 Juni 2016.

Anggota Komisi B DPRD Sumut Leonard Surungan Samosir mengungkapkan keprihatinannya atas penjarahan lahan milik PTPN 2 tersebut sehingga menyebabkan areal penanaman menjadi berkurang.

Pihaknya berharap pemerintah dapat mengambil tindakan tegas untuk mencegah penjarahan atau penyerobotan lahan PTPN 2 tersebut.

Apalagi lahan yang diserobot tersebut banyak yang merupakan areal pohon tebu yang merupakan bahan baku dalam produksi gula.

"Kalau tidak ada penjarahan atau penyerobotan, mungkin bahan bakunya tidak berkurang," katanya.

Disebabkan memproduksi gula sebagai salah satu kebutuhan utama msyarakat, Leonard Samosir juga mengharapkan pemerintah untuk menyelesaikan masalah di PTPN 2 yang dapat mengganggu kinerja dan produktivitas.

"Kalau tidak dapat diselesaikan lagi, PTPN 2 dimerger saja," kata politisi Partai Golkar tersebut.(ant)

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Ribuan Masyarakat Hadiri Puncak Acara PTPN IV

    Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN), kali ini di tahun 2019 memberi kepercayaan kepada PTPN IV sebagai Person In Charge (PIC) bersama BUMN lain sebagai Co PIC PT Kawasan In

  • 4 minggu lalu

    PTPN III Serahkan Penghargaan Masa Pengabdian kepada Ribuan Karyawan

    MEDAN (EKSPOSnews): Dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI PT Perkebunan Nusantara III (Persero) melaksanakan upacara bendera pada 17 Agustus 2019 yang dimulai pada pukul 08.00 WIB di halaman kantor D

  • 4 minggu lalu

    3.648 Karyawan PTPN IV Terima Penghargaan

    MEDAN (EKSPOSnews): PTPN IV Medan memberikan penghargaan masa kerja (jubilaris) kepada 3.648 karyawannya secara serentak yang tersebar di sembilan kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, seusai upacara

  • 4 minggu lalu

    PTPN IV, PT KIM, dan Perum Jasa Tirta I Salurkan Sumbangan

    MEDAN (EKSPOSnews): Dalam program BHUN 2019, PTPN IV bersinergi dengan BUMN lain seperti PT KIM (Persero) dan Perum Jasa Tirta I, memberi bantuan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.Bantuan secara si

  • satu bulan lalu

    698 Ekor Hewan Qurban dari PTPN IV

    MEDAN (EKSPOSnews); Keluarga Besar PTPN IV qurbankan 698 ekor hewan qurban, terdiri dari 489 ekor sapi dan 209 ekor kambing, yang berasal dari keluarga besar PTPN IV mulai dari afdeling, emplasemen, k

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99