Selasa, 24 Okt 2017

Listrik Bioetanol dari PTPN XI

Oleh: Jallus.
Rabu, 11 Okt 2017 16:33
BAGIKAN:
istimewa.
Pembangkit listrik (ilustrasi).
JEMBER (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI berencana mengujicobakan dua pabriknya, yakni Pabrik Gula (PG) Jatiroto Lumajang dan PG Asembagus Situbondo pada 2018 untuk menghasilkan listrik dan bahan bakar bioetanol.

Direktur Utama PTPN XI M Cholidi mengatakan uji coba bagian dari diversifikasi produk turunan tebu selain gula, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja produksi gula dan perolehan laba.

"Tahun depan ada dua pabrik gula yang selain menghasilkan gula juga akan menjadi listrik dan bahan bakar bioetanol," kata Cholidi, usai kerja sama dengan Pemkab Jember, Jawa Timur, Rabu 11 Oktober 2017.

Cholidi mengatakan, dengan adanya diversifikasi akan murni menghasilkan kemandirian pangan, serta kemandirian energi berbasis organik.

Ia mengatakan, dua pabrik tersebut akan menjadi percontohan dari total 15 pabrik lainnya yang berada dibawah naungan PTPN XI, dan segera menyusul PG Semboro kemudian PG Kanigoro di Madiun.

Sementara terkait kerja sama dengan Pemkab Jember, Cholidi mengatakan bertujuan meningkatkan pendapatan daerah dengan mengelola lahan pemkab untuk menjadi lahan pangan.

"Kami sudah melakukan hal serupa di beberapa tempat tahun lalu yang dirintis di Situbondo. Dan tahun ini diharapakan menghasilkan tanaman yg cukup bagi pemkab setempat," katanya.

Cholidi mengaku dengan kerja sama Pemkab Jember, PTPN XI siap membantu program pengentasan kemiskinan terutama di kawasan perkebunan tebu, sehingga dampaknya bisa dinikmati masyarakat.

"Kami siap mengelola berapapun lahan yang ada di Kabupaten Jember, atau sekitar 300 hingga 400 hektare. Dan ini merupakan bentuk sumbangsih kami bagi negeri," katanya.

Bupati Jember, Faida mengaku siap menyediakan lahan bagi PTPN XI untuk dikerjasamakan, namun dari permintaan 400 hektare untuk sementara menyiapkan lahan seluas 25 hektare.

"Sekarang kami uji cobakan 25 hektare, dan sedang kami bicarakan dengan legislatif tentang beberapa lahan lainnya, dan bukan hanya lahan tidur," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Penyegelan Gula Rugikan PTPN XI

    SITUBONDO (EKSPOSnews): Beredarnya informasi terkait penyegelan gula milik PT Perkebunan Nusantara XI di PG Panji Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, oleh PPNS Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Nia

  • 3 bulan lalu

    PTN XI Bentuk Tim Khusus

    MADIUN (EKSPOSnews0: PT Perkebunan Nusantara XI akan membentuk tim khusus guna melakukan investigasi internal terkait meledaknya pan penguapan atau "evaporator" (bukan ketel uap, red) Pabrik Gula Pago

  • 4 bulan lalu

    PTPN XI Berupaya Tingkatkan Rendemen Tebu

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI menargetkan bisa mencapai rendemen tinggi atau mencapai 8 persen pada akhir giling, tujuannya untuk menjadikan Jawa Timur sebagai lumbung gula

  • 5 bulan lalu

    PTPN XIII Kembalikan Sertifikat Plasma

    BALIKPAPAPAN (EKSPOSnews): Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara XIII Abdul Ghani berharap petani plasma kelapa sawit yang sudah mendapatkan kembali sertifikat lahan kebunnya dapat terus meningkatkan

  • 8 bulan lalu

    PTPN XI Kejar Target Produksi

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI terus mengejar target produk diversifikasi atau turunan tebu selain gula, tujuannya untuk meningkatkan kinerja produksi gula dan perolehan laba

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99