Sabtu, 22 Sep 2018

Listrik Bioetanol dari PTPN XI

Oleh: Jallus.
Rabu, 11 Okt 2017 16:33
BAGIKAN:
istimewa.
Pembangkit listrik (ilustrasi).
JEMBER (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI berencana mengujicobakan dua pabriknya, yakni Pabrik Gula (PG) Jatiroto Lumajang dan PG Asembagus Situbondo pada 2018 untuk menghasilkan listrik dan bahan bakar bioetanol.

Direktur Utama PTPN XI M Cholidi mengatakan uji coba bagian dari diversifikasi produk turunan tebu selain gula, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja produksi gula dan perolehan laba.

"Tahun depan ada dua pabrik gula yang selain menghasilkan gula juga akan menjadi listrik dan bahan bakar bioetanol," kata Cholidi, usai kerja sama dengan Pemkab Jember, Jawa Timur, Rabu 11 Oktober 2017.

Cholidi mengatakan, dengan adanya diversifikasi akan murni menghasilkan kemandirian pangan, serta kemandirian energi berbasis organik.

Ia mengatakan, dua pabrik tersebut akan menjadi percontohan dari total 15 pabrik lainnya yang berada dibawah naungan PTPN XI, dan segera menyusul PG Semboro kemudian PG Kanigoro di Madiun.

Sementara terkait kerja sama dengan Pemkab Jember, Cholidi mengatakan bertujuan meningkatkan pendapatan daerah dengan mengelola lahan pemkab untuk menjadi lahan pangan.

"Kami sudah melakukan hal serupa di beberapa tempat tahun lalu yang dirintis di Situbondo. Dan tahun ini diharapakan menghasilkan tanaman yg cukup bagi pemkab setempat," katanya.

Cholidi mengaku dengan kerja sama Pemkab Jember, PTPN XI siap membantu program pengentasan kemiskinan terutama di kawasan perkebunan tebu, sehingga dampaknya bisa dinikmati masyarakat.

"Kami siap mengelola berapapun lahan yang ada di Kabupaten Jember, atau sekitar 300 hingga 400 hektare. Dan ini merupakan bentuk sumbangsih kami bagi negeri," katanya.

Bupati Jember, Faida mengaku siap menyediakan lahan bagi PTPN XI untuk dikerjasamakan, namun dari permintaan 400 hektare untuk sementara menyiapkan lahan seluas 25 hektare.

"Sekarang kami uji cobakan 25 hektare, dan sedang kami bicarakan dengan legislatif tentang beberapa lahan lainnya, dan bukan hanya lahan tidur," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    PTPN XI Gandeng Peruri

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI dan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) menandatangani perjanjian kerja sama untuk menyalurkan dana kemitraan senilai Rp4,5 milia

  • 2 minggu lalu

    PTPN XI Masuk Pasar Ritel Gula

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mulai merambah pasar ritel Indonesia dengan peresmian produk gula ritel di Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru, Kediri, Jawa Timur, dengan merek dag

  • 2 bulan lalu

    PTPN XIII Hentikan Operasional 5 Pabrik Kelapa Sawit

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Manajemen PT Perkebunan Nusantara XIII menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk melakukan upaya penyehatan seiring memburuknya kinerja perusahaan beberapa tahun terakhir."Se

  • 5 bulan lalu

    PTN XI Tanam Tebu Giling di Bali

    SINGARAJA (EKSPOSnews): PT. Perkebunan Nasional (PTPN) XI PG Asem Bagus, Jawa Timur bersama belasan petani mulai melakukan penanaman perdana tebu giling di Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak Kabupat

  • 5 bulan lalu

    PTPN XI Gandeng 3 Perusahaan Revitalisasi Pabrik Gula

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara XI menggandeng tiga perusahaan, dua di antaranya dari perbankan nasional untuk mempercepat program revitalisasi pabrik gula yang dimiliki perusahaan ters

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99