Minggu, 23 Sep 2018

Holding Perkebunan Berdayakan Lembaga Riset

Selasa, 10 Jan 2017 04:04
BAGIKAN:
istimewa
Elia Massa Manik (dirut PTPN III Holding).

YOGYAKARTA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding Perkebunan akan memberdayakan lembaga riset perkebunan PT Riset Perkebunan Nusantara dan Lembaga Pendidikan Perkebunan dalam upaya memperbaiki teknologi dan budi daya perkebunan.

"Upaya itu untuk mendukung perbaikan kinerja 'on farm', 'off farm', dan hilirisasi," kata Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III (Persero) Holding Perkebunan Elia Massa Manik di Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta, Senin 9 Januari 2017.

Di sela sosialisasi "Re-Design Leadership Development Program PTPN III (Persero) Holding Perkebunan", Elia Massa mengatakan saat ini sedang dikaji peluang internalisasi kedua lembaga riset dan pendidikan tersebut ke induk holding.

"Dengan demikian diharapkan akan terjadi penguatan fungsi PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) dalam 'Research Activity' dan LPP sebagai 'Corporate University'," katanya.

Menurut dia, PTPN III Holding Perkebunan juga mengembangkan hilirisasi sebagai upaya untuk pengembangan usaha agar tidak terjebak dalam komoditas "trap". Holding memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei seluas 1.933,80 hektare.

"KEK Sei Mengkei itu memiliki kegiatan utama industri pengolahan kelapa sawit, industri pengolahan karet, logistik, dan pariwisata," katanya.

Ia mengatakan saat ini juga sedang dibangun pabrik minyak goreng dengan kapasitas 600.000 ton CPO per tahun yang dimiliki oleh PT Industri Nabati Lestari --perusahaan "joint venture" antara PTPN III dan PTPN IV (anak perusahaan).

"Pembangunan pabrik minyak goreng itu saat ini sudah mulai konstruksi dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2018," katanya.

Ia mengemukakan PTPN III Holding Perkebunan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan usaha utama antara lain pengusahaan budi daya tanaman (pembukaan lahan, pembibitan, penanaman dan pemeliharaan serta pemungutan hasil tanaman), produksi (penerimaan dan pengolahan hasil tanaman).

Selain itu perdagangan (pemasaran hasil produksi), pengembangan usaha bidang perkebunan, agrowisata, agrobisnis, agroindustri, dan agroforestri, serta usaha lain sesuai anggaran dasar perseroan.

Menurut dia, komoditas yang diusahakan adalah kelapa sawit, karet, tebu, teh, kopi, kakao, tembakau, aneka kayuan, buah-buahan, dan aneka tanaman lainnya.

"PTPN III Holding Perkebunan merupakan induk holding dari PTPN I sampai dengan PTPN XIV sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2014," kata Elia Massa.(ant)


  Berita Terkait
  • 10 jam lalu

    Holding Perkebunan Genjot Ekspor CPO

    DUMAI (EKSPOSnews): Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) terus menggenjot ekspor komoditi Crude Palm Oil (CPO) dengan target sebesar 300.000 ton pada 2018."Di tengah menguatnya nilai tukar

  • satu bulan lalu

    PTPN IV Jadi Tulang Punggung Holding Perkebunan

    MEDAN (EKSPOSnews): PTPN IV diharapkan oleh holding sebagai  backbone atau tulang punggung PTPN III Group, karena setelah  PTPN III mesti PTPN IV sebab target dari pemegang saham yang cukup

  • 10 bulan lalu

    Holding Perkebunan Beruntung Bukan karena Perbaikan Manajemen

    JAKARTA (EKSPOSnews): Holding Perkebunan Nusantara (PTPN III) Persero menargetkan penjualan pada tahun 2018 sebesar Rp48,7 triliun, meningkat dari proyeksi penjualan tahun 2017 yang ditargetkan sekita

  • 10 bulan lalu

    Holding Perkebunan Nusantara Akan Tutup 11 Pabrik Gula

    JAKARTA (EKSPOSnews): Holding Perkebunan Nusantara (PTPN III Persero) akan menutup secara bertahap 11 pabrik gula yang dinilai tidak mampu berproduksi maksimal dan tidak efisien karena sudah berusia t

  • tahun lalu

    Holding Perkebunan Nusantara dan Inalum Serahkan 400 Paket Sembako Gratis

    MEDAN (EKSPOSnews): PTPN II dan PTPN III (Persero) yang termasuk dalam Holding Pekebunan Nusantara bersama dengan PT. Inalum melaksanakan program sembako gratis dengan tajuk BUMN Hadir Untuk Negeri.&n

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99