Kamis, 19 Sep 2019

DPRD Sumut Minta Penyaluran CSR BUMN Perkebunan Perkuat Ternak Sapi

Senin, 20 Jun 2016 23:09
BAGIKAN:
MEDAN (EKSPOSnews): Kalangan legislatif di Sumatera Utara meminta agar dana corporate social responsibility (CSR) BUMN perkebunan di daerah ini diarahkan untuk meningkatkan ketahanan pangan atau diarahkan untuk pengembangan sapi.

Sekretaris Komisi B DPRD Sumut Aripay Tambunan mengatakan pihaknya bersama pemprov masih membahas rancangan peraturan daerah (ranperda) mengenai CSR tersebut. Ranperda ini digodok, kata dia, agar alokasi dana CSR berbagai perusahaan lebih terarah sesuai dengan kebutuhan pembangunan Sumut.
 
"Pembahasannya masih terus berlangsung. Fokusnya adalah bagaimana CSR ini bisa mendukung kedaulatan pangan Sumut. Kami terutama mengupayakan agar ternak sap jadi prioritas. Ini penting agar pada tahun depan, Sumut tak lagi ikut hiruk pikuk harga daging sapi yang naik," papar Aripay, di Medan, Senin 20 Juni 2016.
 
Ketua Komisi B DPRD Sumut Sopar Siburian menambahkan saat ini pembangunan Sumut tak lagi bisa bergantung pada APBD dengan sumber pendapatan utama pajak kendaraan bermotor. Sebagai provinsi dengan salah satu sektor andalan perkebunan, dia meminta BUMN perkebunan untuk mulai berkontribusi nyata kepada masyarakat di Sumut.
 
Kepala Bagian PKBL PTPN III Medan Syahrial menuturkan selama ini pihaknya telah menanam rumput gajah untuk pengembangbiakan sapi di areal perkebunan yakni lebih dari 2.000 ekor.
 
Tahun lalu, lanjutnya, PTPN III menyalurkan dana kemitraan Rp13,5 miliar kepada 350 mitra binaan. Sementara itu, untuk dana bina lingkungan Rp2,8 miliar.
 
"Untuk CSR total penyaluran pada tahun lalu RP3,45 miliar. Penyaluran terbesar ke Deli Serdang Rp1,79 miliar, lalu di Medan Rp748 juta, Simalungun dan Toba Samosir Rp305 juta, Karo Rp50 juta, Labuhan Batu Rp30 juta dan penyaluran ke provinsi lain Rp444 juta."
 
Kepala Bagian PKBL PTPN IV Ali Musri megaku tahun lalu pihaknya menyalurkan dana kemitraan Rp5 miliar kepada 132 mitra binaan dan menyalurkan dana bina lingkungan Rp8,5 miliar. Hingga saat ini, total penyaluran dana kemitraan PTPN IV telah mencapai Rp149 miliar dan jumlah mitra yang masih aktif 3.279 serta total dana bina lingkungan Rp128,13 miliar.(em)

  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Memalukan! Mayoritas Anggota DPRD Sumut Perpanjang Libur

    MEDAN (EKSPOSnews): Kehadiran anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara terlihat minim pada hari pertama kerja usai liburan Idul Fitri 1437 Hijriyah.Dalam pemantauan di gedung DPRD Sumut di Medan,  ha

  • 3 tahun lalu

    Wagirin Arman Diusulkan Jadi Ketua DPRD Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): DPP Partai Golkar menyetujui dan mengesahkan Wagirin Arman menjadi Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara melalui proses pergantian antarwaktu sisa masa jabatan 2014-2019.Dalam surat y

  • 3 tahun lalu

    KPK Periksa 28 Anggota DPRD Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap 28 anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 di Markas Komando Satuan Brimob Polda Sumatera Utara di Medan

  • 4 tahun lalu

    Golkar Siapkan Plt Ketua DPRD Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Partai Golkar Sumatera Utara menyiapkan enam nama kader yang akan dipercayakan menjadi Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi setempat.Sekretaris DPD Partai

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99