Kamis, 27 Jun 2019

Buruh Mitra Ogan Demo BPJS Ketenagakerjaan

Oleh: marsot
Sabtu, 04 Mei 2019 06:50
BAGIKAN:
istimewa.
BPJS Ketenagakerjaan.
BATURAJA (EKSPOSnews): Ribuan Karyawan PT Mitra Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar aksi demo ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pembantu Baturaja untuk menanyakan tunggakan iuran yang belum dibayarkan oleh pihak perusahaan sejak juni 2017.

"Padahal gaji karyawan selalu dipotong setiap bulan untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan tetapi diduga tidak disetorkan oleh pihak Mitra Ogan," kata Koordinator Aksi, Romzoni dalam orasinya di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pembantu Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Jumat 3 Mei 2019.

Dia mengemukakan, dugaan itu terungkap saat sejumlah karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut datang ke Kantor BPJS Ketengakerjaan belum lama ini bermaksud mencairkan dana iuran yang dibayar selama ini dikarenakan sudah tidak menerima gaji lagi sejak dua bulan terakhir.

"Namun ketika ingin mencairkan dana tidak bisa dilakukan karena iuran yang kami bayarkan setiap bulannya tidak disetorkan oleh pihak perusahaan ke BPJS," ungkapnya.

Oleh sebab itu lanjut dia, kedatangan ribuan karyawan ini bertujuan mengambil hak mereka yang sudah dibayarkan sejak tahun 1995.

"Kami datang ke sini mau mengambil hak kami untuk menyambung hidup karena sudah tidak dipekerjakan lagi tanpa pesangon bahkan gaji karyawan dua bulan terakhir belum dibayarkan," tegasnya.

Sementara Kepala BPJS cabang Muaraenim yang juga membawahi Cabang Pembantu Kabupaten OKU, Nolly Noer Amin menanggapi masa aksi demo menegaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Tinggi Sumsel karena hal ini sudah di Surat Kuasa Khususkan (SKK) antara BPJS Ketenagakerjaan dan Kajati untuk diproses secara hukum.

Pantauan Antara di lapangan setelah perdebatan panjang akhirnya terjadi kesepakatan yang dituangkan dalam berita acara dengan poin antara lain meminta dibayarkan Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kematian untuk karyawan Mitra Ogan sampai dengan batas pembayaran terakhir oleh perkebunan Mitra Ogan yaitu Juli 2016.

Kemudian klaim persyaratan BPJS Ketenagakerjaan diperingan, BPJS Ketenagakerjaan pro aktif dalam membantu pencairan klaim dari karyawan Mitra Ogan, jangka waktu penyelesaian perancangan proses dan tahap pembayaran dengan syarat yang ditentukan terhitung tujuh hari, dari 3-10 Mei 2019.

Kemudian dalam sistem pencairan klaim BPJS Ketenagakerjaan tidak ada sanksi/denda biaya apapun yang dibebankan terhadap peserta dan terakhir pihak BPJS Ketenagakerjaan meminta waktu satu minggu untuk berkoordinasi, serta akan menyempaikan informasi kepada pihak karyawan Mitra Ogan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    BPJS Ketenagakerjaan Karo Kerja Sama dengan Camat Kabanjahe

    KABANJAHE (EKSPOSnews): Bertempat di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Karo, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Perintis Karo melakukan penanandatanganan

  • 3 bulan lalu

    BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagut Gandeng BNI

    MEDAN (EKSPOSnews): BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagut dan BNI kerja sama untuk meningkatkan kepesertaan dengan mendaftarkan sekitar 8.700 agen bank itu sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan."BNI aka

  • 3 bulan lalu

    BPJS Ketenagakerjaan Salurkan Bantuan

    MADIUN (EKSPOSnews): BPJS Ketenagakerjaan menyalurkan bantuan senilai Rp14.625.000 bagi warga yang menjadi korban bencana alam banjir di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur.Bantuan bagi korban bencan

  • 5 bulan lalu

    BPJS Ketenagakerjaan Buka Lowongan Kerja

    MADIUN (EKSPOSnews): BPJS Ketenagakerjaan akan membuka rekrutmen karyawan baru untuk periode Tahun 2019 guna memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dalam menunjang perkembangan zama

  • 6 bulan lalu

    Bupati Karo Perintahkan Seluruh Kades Tampung Iuran BPJS Ketenagakerjaan

    KABANJAHE (EKSPOSnews): Dalam rangka perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sebagaimana diamanatkan Undang undang nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS, Pemerintah Kabupaten Karo memerintahkan agar se

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99